Wednesday, 30 March 2011

Pelajaran dari Kesalahan

Oleh Yulinda Rohedy Yoshoawini

Rianti terlihat cemas di tempat tidurnya. Dia melirik jam waker di meja belajarnya. Waktu sudah menunjukkan puku 23.15, tapi matanya belum juga dapat dipejamkan. Rianti bangkit dan menuju ke meja belajarnya. Dibukanya laci meja itu dengan perlahan, seakan takut menimbulkan suara. Barang-barang itu masih ada disana, di dalam laci itu. Teringat kembali percakapannya dengan teman sebangkunya, Nani, beberapa hari yang lalu.


“Barangmu bagus-bagus?” Rianti mengamati barang Nani. Padahal setahu Rianti, ayah Nani bekerja sebagai seorang petani, sedangkan ibunya hanya ibu rumah tangga. Barang-barang itu terdiri dari pernak-pernik aksesoris dan alat tulis beraneka bentuk.


“Pasti kamu dibelikan orangtuamu ya?” tanya Rianti. Nani menggeleng. “Aku membelinya sendiri,” jawab Nani singkat. “Dari mana kau dapatkan uang hingga bisa membeli barang-barang sebagus ini?” buru Rianti semakin penasaran.


“Ya gampang, aku tinggal ambil sisa kembalian uang pembayaran sekolah,” jawab Nani enteng. Untuk sesaat Rianti terkesiap. “Ayahmu tak pernah menanyakan uang kembaliannya?” Rianti kembali bertanya. “Untuk apa?” balas Nani. “Aku kan juga butuh barang-barang ini. Kalaupun ayahku bertanya, aku bisa jawab uang itu sudah habis untuk membayar uang sekolah.

***

Rianti terbangun ketika pintu kamarnya diketuk. Dengan terburu-buru sambil mengucek matanya, dia membuka pintu. “Kenapa pakai dikunci segala?” tanya Ibunya. “Selama ini Ibu selalu ketuk pintu walaupun kamarmu tidak terkunci,” lanjut Ibunya. “Oh ya, sekarang sudah jam berapa? Bukankah kamu harus pergi ke sekolah?” Rianti hanya menjawab dengan anggukan kepala sambil berlalu ke kamar mandi.


“Oh ya, ini untuk bayar uang sekolah Rianti bulan ini,” ibunya memberikan dua lembar uang lima puluh ribuan pada putri semata wayangnya yang duduk di kelas 4 SD itu.


“Kartunya ada sama Rianti khan?” Ibunya memastikan. “Ya Bu,” jawab Rianti singkat. “Oh ya, Rianti bilang uang sekolah naik sejak dua bulan yang lalu ya?” ibunya memandangi wajah Rianti. “Iya, memang kenapa bu?” Rianti balik bertanya dengan suara gugup. “Nggak papa, ibu cuma tanya saja, ibu percaya kok sama Rianti”.


Pagi itu Rianti berangkat ke sekolah dengan lesu. Di tangannya tertenteng kartu pembayaran sekolah beserta uangnya. Rianti membayangkan ibunya mengecek ke sekolah. Dua kali sudah dia membohongi ibunya. Rianti menuju ke kantor guru bermaksud membayar uang sekolah.

***

Selama perjalanan pulang Rianti memandangi kartu pembayaran dan uang dalam plastik pembungkusnya. Sebelum pulang ke rumah, dia memutuskan berhenti untuk membeli air mineral, karena haus dan kepanasan.


Di kamarnya Rianti memandangi kembali barang-barang yang ada dalam lacinya. Pensil bermotif gambar barbie itu dia beli ketika lewat toko warna-warni sepulang sekolah dengan uang kembalian pembayaran SPP. Begitupun pena dengan tutup yang berbentuk kepala lumba-lumba. Diraihnya pita rambut warna merah yang masih baru. Pita yang sudah lama diidam-idamkannya.


Dulu ibunya belum mau membelikannya karena pita rambutnya masih banyak dan masih bagus-bagus. “Tidak semua barang bisa kita beli, kita harus memilihnya sesuai kebutuhan, bukan kemauan,” tutur ibunya waktu itu.


Rianti menyiapkan buku-buku pelajarannya untuk esok hari. Semua isi tas ia keluarkan untuk ditata kembali. Rianti tersentak sekaligus panik tidak mendapati kartu pembayaran sekolah miliknya. Padahal ada uang di dalam kartunya. Dia mulai mengingat-ingat dimana terakhir meletakkannya. “Jangan-jangan tertinggal di tempat mamang penjual air mineral tadi,” gumamnya.

***

Wah, mamang tidak menemukan yang dicari neng, kemarin rasanya tidak ada yang ketinggalan disini,“ jelas si mamang saat Rianti menanyakannya. “Tolong Mang dicari lagi, saya tidak sengaja meninggalkannya disini,” kata Rianti. “Atau mungkin ada yang mengambilnya,” kata Rianti lagi. “Benar nak, kalaupun ada yang mengambilnya, mamang juga tak tahu. Yang beli makanan disini kan tidak hanya satu dua orang saja,” mamang berusaha meyakinkan.

***

Tanpa terasa jatuh tempo tanggal pembayaran tinggal 2 hari lagi. Rianti tak tahu apa yang harus dilakukannya. Setelah termenung sejenak Rianti mengambil sebuah keputusan. Rianti menghampiri ibunya yang sedang duduk di ruang keluarga. “Ibu, ada yang ingin Rianti sampaikan”.


“Ya sayang, duduk dekat ibu sini,” ibunya memberi isyarat untuk menyuruh anaknya duduk di sebelahnya. “Tapi janji yah, ibu nggak akan marah,” Rianti berkata lirih. “Ya masalahnya apa dulu!” sahut ibunya. “Ibu harus janji dulu, baru Rianti cerita,” sergah Rianti.


Akhirnya sang ibu mengangguk setuju. Rianti menceritakan semuanya. “Maaf ya bu, Rianti telah mengecewakan ibu, padahal ibu sudah begitu percaya pada Rianti,” ucapnya sambil berkaca-kaca. “Rianti minta maaf karena tidak menjalankan pesan ibu, sehingga uang dan kartu SPP itu hilang, karena Rianti tidak jadi membayarkannya.


Dan Sisa uang pembayaran sekolah yang harusnya Rianti kembalikan ke ibu, malah kugunakan untuk membeli pernak-pernik dan aksesoris, tanpa sepengetahuan ibu,” suaranya bergetar. Untuk sesaat wanita itu memandangi anaknya tak percaya. Akan tetapi setelah itu jawaban dan sikap yang ditunjukkan ibunya, sungguh di luar dugaan. Ibunya tersenyum bijak dan berucap, “Ibu senang dan bangga padamu nak”.


Rianti memandangi ibunya dengan keheranan sambil mengusap airmatanya. “Kok ibu?” Rianti terbata-bata. “Ibu bangga, karena Rianti sudah mau mengakui kesalahan, walaupun ibu agak kecewa, tapi ibu senang anak ibu sudah berjiwa besar,” ucap ibunya.


Rianti sadar hilangnya uang dan kartu pembayarannya adalah pelajaran untuk kesalahannya. Dia berjanji dalam hati tidak mengulangi perbuatannya dan tidak mau mencontoh seperti seperti yang dilakukan temannya, Nani.

Cernak ini dimuat Harian SUARA MERDEKA, edisi Minggu 20 Maret 2011. Ilustrasi: SUARA MERDEKA

275 comments:

  1. Selamat ya. sudah berapa kali dimuat di Suara Merdeka?

    ReplyDelete
  2. wih, keren, sudah pernah dimuat di suara merdeka, apa rahasianya dong

    ReplyDelete
  3. memang harus tuh...
    cuma masalahnya
    berapa orang aja yg bisa..
    heheh

    ReplyDelete
  4. mengakui kesalahan itu sama denga melakukan kejujuran, jadi memang harus bangga ama anak yg jujur dan kejujuran harus dilatih dari usia dini

    ReplyDelete
  5. nik...bagus lho ceritanya....teruslah berkarya untuk anak bangsa...

    ReplyDelete
  6. OOT: aku baru tau apa dah lama tau kalo Belantara Indonesia dan si mbak ini bertetangga?...Sleman..heheheh...ya semoga tetap bertetangga...Jogja tetap istimewa!

    ReplyDelete
  7. @onjo, Yanuar, Nyitnyit, Sebuah Blog Sebuah Cerita: terimakasih semuanya...
    @joe: terimakasih,, wah kalau itu kurang tau pasti, saya hanya sering ngirim tulisan aja mas
    @Rawins: memang di dunia ini orang jujur kian langka
    @exort: andai saja para pemimpin kita mau melakukan hal yang sama seperti yang dilakukan Rianti. Negeri ini pasti bebas dari korupsi.
    untuk semuanya, skali terimakasih sudah mampir dan komentar ke blog ini.

    ReplyDelete
  8. wah emang Mba pendidik sejati. Bukan cuma secara langsung tapi juga lewat cerita.

    ReplyDelete
  9. wah,hebat...
    SEMAGAT ya,supaya anak indonesia mendapatkan cerita yang sarat dengan nilai positif

    ReplyDelete
  10. kesalahan membuat kita lebih dewasa, jangan takut melakukan kesalahan, karna begitu banyak kesuksesan yg di awali dr kesalahan..

    ReplyDelete
  11. Bagus yaa...
    Menginspirasi sekali untuk kita semua.
    Semoga anak-anak di Indonesia semakin terinspirasi dan mereka pun dapat mengambil hikmah dari cerita di atas.
    Terutama agar mereka berani jujur dengan kesalahan mereka dan tak takut mengucapkan maaf.

    Salam kenal!
    Dulu anda sempat mengunjungi blog lama sya dan sya br lht kemaren.

    ReplyDelete
  12. hebat ya bisa dimuat di suara merdeka..alur cerita yang simple dan sederhana, namun memiliki pelajaran berharga tuk anak...

    ReplyDelete
  13. Mbak Yulinda, ceritanya bagus banget. Kita butuh cerita-cerita anak seperti ini, lebih banyak lagi... Keep writing, ya Mbak. :)

    ReplyDelete
  14. makasih bu atas artikelnya, motivasi yang kuat sekali

    ReplyDelete
  15. sungguh luat biasa ternyata blog ini peduli akan pendidikan

    ReplyDelete
  16. postingan yang keren, peduli akan pendidikan di tanah air

    ReplyDelete
  17. mantap nie gan info nya sangat bagus dan snagat menarik nie gan,,,,

    ReplyDelete
  18. Sip. sip. :D senang b'kunjung kmbli.

    ReplyDelete
  19. Mnathap neh,,,kesalahan membuat kita lebih dewasa, jangan takut melakukan kesalahan, karna begitu banyak kesuksesan yg di awali dr kesalahan..

    ReplyDelete
  20. makasih banyak atas semua info nya gan,,,,,,

    ReplyDelete
  21. sungguh luat biasa ternyata blog ini peduli akan pendidikan

    ReplyDelete
  22. makasi buat infonya agn ,sangat mnarik ,?

    ReplyDelete
  23. thanks for your artikel n

    moga bermanfaat kata2 ini " Bahagia adalah ketika kamu memiliki orang yang peduli, mencintai, dan mengerti dirimu lebih dari kamu mengerti diri sendiri."

    ReplyDelete
  24. thanks 4 ur time n nice share

    "Kamu tak perlu memiliki segalanya tuk bahagia, karena yang kamu butuh hanya seseorang yang mampu buatmu tersenyum ketika hatimu terluka.

    ReplyDelete
  25. nc share
    "Jika kamu mencintai seseorang, jangan pernah malu untuk menyatakan. Rasa malu akan lebih baik daripada penyesalan seumur hidup."

    ReplyDelete
  26. belajar dari kesalahh 100 bangett buat kamu :)

    ReplyDelete
  27. orang yang sukses,, orang yang belajar dari pengalaman,,

    ReplyDelete
  28. makasih atas semua informasinya.. semoga bermanfaat bagi teman-teman blogger di indonesia ini.

    ReplyDelete
  29. trimakasih infonya bermanfaat bangt gan.....

    ReplyDelete
  30. Kesalahan adalah pelajaran berharga menuju kesuksesan..

    ReplyDelete
  31. hebat banget ceritanya,, keren deh,terus berkarya dan sukses selalu,,salam sehat

    ReplyDelete
  32. kesalahan adalah suatu keberhasilan yang tertunda.,.,..,.,

    ReplyDelete
  33. selalu, salah adalah yang wajar.. selama kita tidak mempermainkan kesalahan itu..:)
    makasih infonya gan

    ReplyDelete
  34. terimakasih yah atas informasi yang disajikan dalam artikel ini. Dan setelah saya baca memang isinya sangat berguna bagi saya dan saya yakin blog ini akan menjadi sumber yang inspiratif buat para blogger lainnya.

    ReplyDelete
  35. tulisan yang sangat bagus untuk dijadikan kajian gan. ..

    ReplyDelete
  36. keren banget gan infonya bermanfaat banget........

    ReplyDelete
  37. bagus tuh
    supaya anak" gak belajar bhong ...

    ReplyDelete
  38. iya ya ,, ternyata dari kesalahan itu, kita bisa belajar untuk menjadi lebih baik kedepannya .. :)

    ReplyDelete
  39. wah,, keren sepertinya udah biasa menulis artikel

    ReplyDelete
  40. salam kenal aja dan makasih banyak gan info nya ,,,,,,,,,

    ReplyDelete
  41. sip gan ,, artikel yang sangat bermanfaat :)

    ReplyDelete
  42. wah bener juga,. makasih informasi yang bermanfaat sob

    ReplyDelete
  43. makasih atas infonya sangat meanrik dan artikelnya keren banget
    obat lemah syahwat
    obat asam urat

    ReplyDelete
  44. gan shere hal-hal yang lebih positip lagi,,,,,,,,,,,

    ReplyDelete
  45. keren banget artikel nya ...
    bermanfaat banget...

    ReplyDelete

  46. Thnks gan atas infonya ,,,, senang bisa berkunjung ke web ini

    ReplyDelete
  47. keren banget artikelnya...............
    bermanpaat untuk dibaca..........

    ReplyDelete
  48. web set yang menyenangkan ,,,, semoga hari mu indah gan

    ReplyDelete
  49. thanks for the article,,, cool .... hopefully I'll be able to visit her again to the web,,,,,

    ReplyDelete
  50. hopefully I'll be able to visit her again to the web,,,,,

    ReplyDelete
  51. web fun,,,, I hope your day beautiful gan

    ReplyDelete

  52. Thnks Gan Atas Infonya ,,, Teruslah Berkarya Yang Tebaik Buat Bangsa Kita ,,,, Republik Indonesia

    ReplyDelete
  53. Senang bisa mengunjungi web yang penuh dengan informasi ini ,,,, thnks gan

    ReplyDelete
  54. "
    thanks for the article,,, cool .... hopefully I'll be able to visit her again to the web,,,,,
    "

    ReplyDelete
  55. Thnks Gan Infonya ,,, Oh Iya Jangan Lupa Bikin Artikelnya yang pOsitif ya gan ,,, yang men insfirasi kita ,,, para pembaca

    ReplyDelete
  56. kasih imfluens yang baik buat gan gan yang lain ya

    ReplyDelete
  57. Thnks gan atas infonya ,,,,,,,,, smoga lebih pariatif lagi isinya

    ReplyDelete

  58. thnks Gan atas infonya..... keren

    ReplyDelete
  59. web set yang menyenangkan ,,,, semoga hari mu indah gan

    ReplyDelete
  60. web fun,,,, I hope your day beautiful gan

    ReplyDelete
  61. Thnks gan atas infonya ,,,,,,,,, smoga lebih pariatif lagi isinya

    ReplyDelete
  62. Senang Hari ini bisa berkunjung ke web ini ,,, sukses gan

    ReplyDelete
  63. Senang Hari ini bisa berkunjung ke web ini ,,, sukses gan

    ReplyDelete
  64. senang hati bisa berkunjung ke sini,,,,, bbikin lebih pariatif lagi dong gan ,,,,,,

    ReplyDelete
  65. senang hati bisa berkunjung ke sini,,,,, bbikin lebih pariatif lagi dong gan ,,,,,,

    ReplyDelete
  66. thnks gan infonya verry nice!!!!!

    ReplyDelete
  67. Ijin Nyimak gan ,,, kaya keren ni artikelnya

    ReplyDelete
  68. wah Ga asik ni kalau ,,,, ga baca dulu ,,,, ijin y Gan ,,,,, beuh keren ni web nya

    ReplyDelete
  69. ayo gan kita sama2 berkarya ,,,, agar buat negara ini bangga

    ReplyDelete
  70. ijin nyimak gan ,,,,,,, thnks sebelumnya....

    ReplyDelete
  71. met kerja gan ,,,,, kasih imfluens yang baik buat gan gan yang lain ya

    ReplyDelete
  72. ijin nyimak gan ,,,,,,, thnks sebelumnya....

    ReplyDelete
  73. wah Artikelnya perlu dibaca ni,,,,, ijin baca y gan ,,,, moga sukses

    ReplyDelete
  74. ,,,,, kasih imfluens yang baik buat gan gan yang lain ya

    ReplyDelete
  75. alhamdulilah info nya bermanfaat banget ...

    ReplyDelete
  76. wah Artikelnya perlu dibaca ni,,,,, ijin baca y gan ,,,, moga sukses

    ReplyDelete
  77. makasih banyak infonya ,,,, di tunggu apdatenya,,, y

    ReplyDelete
  78. ayo gan kita sama2 berkarya ,,,, yang pasti yang positif

    ReplyDelete
  79. met malan gan ,,, thanks gan Infonnya.......

    ReplyDelete
  80. Semoga Selalu SUkses dan bermanfaat

    ReplyDelete
  81. pengalaman adalah pelajaran paling berharga..

    ReplyDelete
  82. luar biasa, cerminan buat kita-kita yang pernah bikin kesalahan..

    ReplyDelete
  83. Pagi Gan Ikut nimbrung ya,,,,, smangat

    ReplyDelete
  84. makasih atas infonya,, web kk kerennn,,,

    ReplyDelete
  85. web set yang menyenangkan ,,,, semoga hari mu indah gan

    ReplyDelete
  86. kasih imfluens yang baik buat gan gan yang lain ya

    ReplyDelete
  87. artikel yang sangat baik untuk pendidikan

    ReplyDelete
  88. makasih atas infonya sangat menarik dan artikelnya juga berkualitas

    ReplyDelete
  89. terimakasih atas informasinya,semoga bermanfaat.

    ReplyDelete
  90. makasih atas infonya sangat menarik dan artikelnya juga berkualitas

    ReplyDelete
  91. Informasinya sangat bagus dan bermanfaat.

    ReplyDelete
  92. informasinya sangat menarik dan bermanfaat.terimakasih ya!!

    ReplyDelete
  93. informasi yang di sajikan mantap gan!!

    ReplyDelete
  94. tulisan yang bagus dan bermanfaat sekali....terimakasih untuk postingannya!

    ReplyDelete
  95. tulisan yang bagus dan bermanfaat sekali....terimakasih untuk postingannya!

    ReplyDelete
  96. terimakasih gan buat informasi nya semoga bermanfaat ya
    http://goo.gl/LuiEKS

    ReplyDelete
  97. makasih atas infonya sangat menarik dan artikelnya juga berkualitas

    ReplyDelete
  98. informasinya mantap bener dah,terimakasih and selamat pagi gan!

    ReplyDelete
  99. terimaksih buat infonya semangat terus gan..

    ReplyDelete
  100. terimakasih atas informasinya sangat menarik dan menjadi bermanfaat untuk saya

    ReplyDelete
  101. infonya sangat menarik dan artikelnya juga berkualitas

    ReplyDelete
  102. tulisan yang bagus dan bermanfaat sekali....terimakasih untuk postingannya!

    ReplyDelete
  103. tulisan yang bagus dan bermanfaat sekali....terimakasih untuk postingannya!

    ReplyDelete
  104. makasih atas infonya sangat menarik dan artikelnya juga berkualitas

    ReplyDelete
  105. makasih atas infonya sangat menarik dan artikelnya juga berkualitas

    ReplyDelete
  106. makasih atas infonya sangat menarik dan artikelnya juga berkualitas

    ReplyDelete
  107. terimaksih buat infonya gan semangat dan terus berbagi infonya..

    ReplyDelete