Saturday, 8 January 2011

KIDUNG ANAK, KEMANA PERGINYA?

“Kawin...kawin...minggu depan bakal kawin”...

“Kawin...kawin...tidur ada yang nemenin”...


Atau lagu berikut,


“Ku mencintaimu lebih dari apapun, meskipun tiada satu orangpun yang tahu”...

“Ku mencintamu sedalam-dalam hatiku, meskipun engkau hanya kekasih gelapku”...


Sebagian besar dari kita mungkin sudah tidak asing lagi, ketika syair-syair tersebut singgah menyapa gendang telinga kita. Tak hanya kita sebagai orang dewasa saja yang tersihir oleh syair tersebut, anak-anak pun juga mengalami hal serupa. Mereka seolah terbawa arus oleh derasnya kata-kata manis syair lagu tersebut.


Menurut pengakuan seorang dosen di sebuah PTN, di sekitar tempat tinggalnya, beliau kerap mendengar lagu semacam “Batal Kawin” didendangkan oleh anak-anak yang terbilang masih dini. Atau coba kita pikirkan, anak-anak belajar tentang makna dari kata “Kekasih Gelapku”. Saya hanya bisa geleng-geleng kepala, ketika membayangkannya.


Beberapa pihak yang terkait dengan dunia anak dan pemerhati anak, mungkin saja hanya bisa mengurut dada dengan kondisi anak-anak, yang dibombardir dengan lagu-lagu orang dewasa. Seperti yang kita tahu, lagu orang dewasa yang berisi tentang cerita cinta dan bumbu asmara beserta adegan mesra sebagai pelengkapnya disajikan sebagai menu yang setiap harinya hampir disantap oleh sebagian besar anak-anak.


Padahal isi dari lagu-lagu tersebut, hanyalah fantasi, rekaan, dan bersifat sebagai hiburan semata. Ibarat baju, lagu-lagu tersebut sungguh tak pas dipakaikan pada anak-anak. Tentu saja kelonggaran, karena lagu-lagu tersebut memang selain tidak cocok untuk anak, lagu itu juga tidak diperuntukkan untuk usia dini.


Tapi kenyataanya sungguh mencenggangkan. Tengok saja ajang pencarian bakat menyanyi seperti "IDOLA CILIK". Saya juga heran, peserta idola cilik adalah anak-anak usia sekitar 7-11 tahun, dimana pada usia itu anak masih dalam masa perkembangan yang butuh asupan pendidikan moral dan budi pekerti, tapi sudah dicekoki dengan lagu-lagu orang dewasa. Lucunya saat pentas di panggung mereka juga menyanyikan lagu orang dewasa dengan gaya orang dewasa juga, sehingga gaya asli anak-anaknya hilang. Gaya mereka seolah sudah disetel dan diarahkan oleh koreografi, tidak ada kebebasan dan kreativitas untuk menciptakan gaya mereka sendiri yang khas anak-anak. Atau coba tengok acara "Happy Song Holiday", dimana pesertanya yang anak-anak juga fasih menyanyikan lagu-lagu orang dewasa ketimbang lagu anak anak. Mereka bahkan hapal di luar kepala, ketika menebak judul lagu yang diputarkan. Bagaimana tidak, hampir semua stasiun televisi setiap waktu menghidangkan acara pemutaran klip lagu orang dewasa.


Dewasa ini jarang bahkan nyaris tak ada lagi penyanyi lagu anak-anak yang menggantikan penyanyi yang telah pensiun karena telah beranjak remaja. Saat ini pun jarang terdengar lagu anak-anak, demikian juga penyanyinya, bisa dikatakan amat minim. Pencipta lagu anak-anak juga tidak sebanyak dulu. Mungkin pasar industri hanya sedikit tertarik untuk memasarkan lagu anak-anak. Karena disamping sepi pendengar, juga takut tak laku dijual. Sebab anak-anak sekarang lebih tertarik mendengar lagu dewasa ketimbang lagu yang sesuai dengan umurnya. Kalau begini terus lama-kelamaan anak-anak akan menganggap lagu anak-anak itu kampungan dan kuno. Padahal lagu anak-anak dirancang khusus dan diciptakan untuk anak-anak yang sesuai dengan perkembangannya. Selain itu mengandung pesan yang berisi tentang ajaran moral dan budi pekerti.


Bukan salah bunda mengandung. Kira-kita itulah ungkapan yang tepat, bahwa sejatinya memang orangtua tidak bisa disalahkan 100%, ketika mereka sudah berusaha membatasi atau menyeleksi tontonan dan lagu-lagu orang dewasa, apabila lingkungan sekitar tidak berperan serta dalam mendukung. Bisa jadi mereka bergaul dengan anak-anak yang sudah terkontaminasi dengan tontonan dan lagu-lagu orang gede. Lantas kalau sudah begini, mau dikemanakan generasi penerus bangsa kita? Apakah mereka akan melenggang dengan fantasi cinta-cintaan ditengah makin ketatnya persaingan prestasi yang membutuhkan keunggulan tinggi? Yang bukan hanya sekedar cinta-cintaan belaka.

100 comments:

  1. ya,,saya sendiri juga merindukan masa2 dulu dimana lagu2 anak kecil sangat banyak dan riang dinyanyikan.saat ini artis cilik pun masih enggan untuk menyayikan lagu2 yg setara dengan umurnya.sudah banyak pihak yg menyindir bahkan secara terang2an prihatin dgn kondisi tersebut.tapi ya,,entahlah.. kondisi masih tetap sama...

    oya pakwow pindah rumah,,monggo mampir nggih... ^_^d

    ReplyDelete
  2. ya, penyanyi cilik yg skrng sdh tumbuh remaja, memilih hijrah untuk menyanyikan lagu bertema percintaan. Lagu anak2 seperti lenyap bgtu sj..

    ReplyDelete
  3. saat ini..itulah yang terjadi..sangat disayangkan memang...apalagi melihat idola cilik..wah..parah..betuul..seharusnya lagu anak..yang mereka nyanyikan...namun demi kepentingan bisnis..hal itu dilegalkan..bahkan yang lebih miris lagi...jurinya adalah mantan penyanyi anak yang terkenal.... jumpa lagi mbak..lama ndak sowan kesini....

    ReplyDelete
  4. saya juga heran, anak2 sekarang kalo nyanyi kok lagu2 orang dewasa semua. kemana ya lagu2 anak yg baik dan mendidik?

    ReplyDelete
  5. Ini masalah yg harus diatasi,, hrus ada pnyanyi cilik yg baru..!

    ReplyDelete
  6. Itulah kapitalisme. Semua se mata-mata bertujuan untuk meraup keuntungan sebesar-besarnya, sesingkat-singkatnya, mengabaikan etika, moral, pendidikan.Mengharapkan perubahan dari kaum elite kayaknya tidak mungkin.Yang bisa kita lakukan hanyalah mengharapkan setiap elemen masyarakat yg sadar untuk berusaha masing-masing membuat perubahan walau sekecil mungkin, daripada tidak sama sekali.Indonesia memang mungkin perlu satu generasi lagi untuk menjadi bangsa yg beradab( wah masih lama yaa?? he he he )

    ReplyDelete
  7. sebetulnya banyak koq lagu ciptaan khusus anak-anak, hanya saja mungkin eksposenya kurang. kan banyak juga grup band dewasa yang nge remix lagu lagu anak dahulu.

    ah, tapi anak sekarang cepat besarnya.. dewasa sebelum waktunya..

    ReplyDelete
  8. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  9. Iyah Banyak lagu anak-anak di Tv hanya saja kurang dukungan.

    Tan.. Follow Aq jg ea.. ^.6


    ----------------
    delete karna tadi salah panggil hehe

    ReplyDelete
  10. hmmmm iya...dulu aja ada siaran khusus program lagu anak-anak...sekarang sama sekali gak ada...akhirnya anak-anak jd lebih suka nyanyi lagu orang dewasa...

    ReplyDelete
  11. iya nih..kemana ya lagu2 yang bagus yang cocok buat anak2?

    ReplyDelete
  12. boleh aku curhat? kalo boleh...
    Terkejut aku bila kudengar cintamu untuknya sekian dalam, tahukah kau akupun mencintainya?, jikalah sudi kau bagi cintanya untukku tentu dahaga ini sirna semesta.

    ReplyDelete
  13. anak anak kita memang korban tipi. sayangnya yang punya tipi ga pernah mikirin itu sehingga enjoy aja nyiarin acara dewasa di saat anak-anak masih duduk di depan tipi.

    ReplyDelete
  14. Mungkin memang karena kurang segmen yang tersedia untuk pencipta lagu anak-anak. Beda dengan dulu saat Enno Lerian, Puput Melati, Agnes Monica dan Tina Toon masih kecil. Para pencipta lagu anak-anak mendapatkan banyak ruang berkreasi dari stasiun-stasiun TV.

    ReplyDelete
  15. salam maaf baru bisa berkunjung lagi
    kurangnya media tv untuk eksposenya jadilah kayak gitu anaak anaka banyak yang menyaikan lagu lagu dewasa

    ReplyDelete
  16. miris memang.. semua sudah tergantikan sama yg namanya st12 :( hiks hiks hiks..

    ReplyDelete
  17. assalamualaikum sis..

    hmmm.. klo bahas ttg lagu anak, memang negara kita sedikit menyedihkan, kenapa aku bilang sedikit? karena memang sesungguhnya permasalahannya hanya sedikit, tapi pengaruhnya sangat besar. Apakah itu?

    jawabnya "CINTA". Ya, masalahnya adalah cinta, tidak ada orang tua yg tidak cinta anaknya, karena itu mereka membiarkan anak2nya untuk menonton siaran televisi. Stasiun televisi juga begitu, mereka cinta penontonnya dan berusaha memberikan yg terbaik dan apa yang disuka oleh menontonnya (seperti lagu batal kawin) ya.. karena banyak request ke sana.

    trus... yang salah dimana?

    Aku dari dulu tidak suka membahas ttg yg salah, karena aku suka yg benar.

    jadi yg benar apa?

    jawabnya.. yang benar adalah kita memperbaiki rasa cinta kita... pada tempat, saat, dan yang semestinya....

    smile ^_^

    ReplyDelete
  18. bener mba.... lagu2 murni anak2 udah jarang terdengar...gak seperti pas masa2 kecilku dulu...apa ini ya yg namanya pengaruh modernisasi..jadi anak dipaksakan untuk cepat tumbuh dewasa...kak seto please komentarnya...halah....heheheee...salam mba...

    ReplyDelete
  19. Kasihan ya anak jaman sekarang? Terlalu cepat dewasa jadi pas gede masih kaya anak2? Mungkin kalau orangtuanya punya banyak waktu untuk diskusi dengan anaknya, mereka akan belajar untuk memilih mana yang pas untuk anak seumurnya.

    ReplyDelete
  20. mau gimana lagi mbak
    di radio, TV, di mana-mana lebih banyak didendangkan lagu dewasa daripada lagu anak-anak :)

    ReplyDelete
  21. hmmm iji copas boleh gak gann..
    hehehe

    ReplyDelete
  22. jadi kagen masa kecil dulu..salam kenal.kalau ada waktu kunjungi blog ane ya.http://edyirawannasution.blogspot.com

    ReplyDelete
  23. DEngan resmi kami juga mengundang anda untuk bisa berbagi komentar dan follow.

    happy with sing the song

    ReplyDelete
  24. coba anak² disuruh nyanyi potong bebek..pasti gak bisa...hehehe...

    ReplyDelete
  25. iya ya jaman skarng sudah jrang anak" yang nynyi lagu buat ank" , kbanyakan tntng cinta ,, :)

    ReplyDelete
  26. jaman sekarang jrang ya denger anak kecil nyanyi lgu anak" ..
    :)

    ReplyDelete
  27. sangat sulit sekali melihat perkembangan anak jaman sekarang.?

    ReplyDelete
  28. bner sekali ni mba,,sekarang kenyakannya kaya gitu..

    ReplyDelete
  29. benar sekali ba...jaman gni mah uda aneh eneh

    ReplyDelete
  30. sekarang banyak boyband,,, lagu anak kurang menjual,,kalee,,,

    ReplyDelete
  31. iya yahh kemana nyanyian iu , sekarang anak kecil saja udahh nyanyii tentang pacaran gitu dhh aduh zaman semakinn edann ajja

    ReplyDelete
  32. iya,,, anak anak juga malah sering lagu-lagu dewasa malah...

    ReplyDelete
  33. mkasi buat infonya,,sangat menarik seklai..

    ReplyDelete
  34. akhh sekarangg jaman sudahh jauhh berbeda ...:) nggak ada lagi nyanyai anak kecil yang di buatt ..

    ReplyDelete
  35. anak2 sekarang lebih suka lagu orang dewasa dari lagu anak2

    ReplyDelete
  36. anak sekarang malah suka memilih lagu lagu orang dewasa dan sering nyanyiin lagu percintaan

    ReplyDelete
  37. makasih atas infonya sangat meanrik dan artikelnya keren banget
    obat lemah syahwat
    obat asam urat

    ReplyDelete
  38. bagus sekaloi infonya dan saya suka sekali

    ReplyDelete
  39. bagus sekaloi infonya dan saya suka baget

    ReplyDelete
  40. pagi.. senang membaca berita di web ini.. sangat banyak informasi penting .. :D

    ReplyDelete
  41. beritanya sangat bagus untuk di simak.. terimakasih ya.. salam sukses :D

    ReplyDelete
  42. terimakasih banyak atas beritanya,, semoga terus lancar job nya. amin/// :d

    ReplyDelete
  43. met pagi. kunjungan paginya ni.. makasih ya beritanya

    ReplyDelete
  44. salam sejahtera dan sukses... awalnya saya akan mengucapkan ucapan terimakasih telah memberikan beritanya.. thanks ya :D

    infonya mantep

    ReplyDelete
  45. berita hari ini memang top.. thanks ya

    ReplyDelete
  46. terimakasih beritanya.. sukses :D

    ReplyDelete
  47. beritanya sangat menarik... terimakasih ya

    ReplyDelete
  48. beritanya bermanfaat buat pengunjung. makasih ya..

    ReplyDelete
  49. terimakasih atas berintanya.. bermanfaat buat saya.

    ReplyDelete
  50. semoga lancar dan terus berjalan.. makasih juga buat informasinya.

    ReplyDelete
  51. isi beritanya bagus dan bermanfaat pa.. terimakasih ya

    ReplyDelete
  52. sekarang anak-anak juga ikutan nyanyi lagu orang dewasa

    ReplyDelete
  53. Semoga artikelnya bermanfaat untuk kita semua,,,amien,,

    ReplyDelete
  54. terima kasih banyak atas informasinya sangat bermanfaat sekali nih....

    ReplyDelete
  55. terimakasih banyak beritanya.. mantep dah

    ReplyDelete
  56. mantap surantap gan

    http://goo.gl/6aeCV

    ReplyDelete
  57. makasih atas infonya sangat menarik dan artikelnya juga berkualitas

    ReplyDelete
  58. mnafaat sekali ini gan infonya terima kasih

    ReplyDelete
  59. Iya juga ya sekarang banyak anak-anak yang hafal lagu orang dewasa

    ReplyDelete
  60. Terima kasih banyak atas segala infonya..
    http://goo.gl/z5g6eA

    ReplyDelete
  61. Agen Obat Herbal

    http://nxy.in/g1rv2

    ijin buat sharing di website yang bagus ini dengan infonya yang menarik

    ReplyDelete
  62. terima kasih atas informasinya. Sukses ya Terimakasih banyak telah berbagi informasnya,sukses selalu untuk info beserta websitenya,,

    ReplyDelete
  63. www.indobet77.com

    Master Agen Bola , Casino , Tangkas , Togel Terbesar
    dan Terpercaya Pilihan Para Bettor

    Promo Terbaru :
    - Bonus  10% New Member Sportsbook
    - Bonus 5% New Member Casino Online
    - Bonus 10% Setiap Hari Bola Tangkas
    - Togel Online
    - Sabung Ayam ( New Produk )
    - CASHBACK untuk Member
    - BONUS REFERRAL 5% + 1% Seumur Hidup

    untuk Informasi lebih jelasnya silahkan hubungi CS kami :
    - YM : indobet77_sb2@yahoo.com
    - EMAIL : indobet77@gmail.com
    - WHATSAPP : +63 905 213 7238
    - WECHAT : indobet77
    - SMS CENTER : +63 905 213 7238
    - PIN BB : 2B65A547 / 24CC5D0F

    Salam Admin ,
    http://indobet77.com/

    ReplyDelete
  64. Terimakasih atas informasinya :) semoga sukses slalu .. Ditunggu informasi menarik selanjutnya :) senang berkunjung ke website anda, terimakasih. sekali lagi thanks.

    ReplyDelete