Sunday, 4 July 2010

Mendekat Gunung Merapi

Sabtu, 3 Juli 2010. Holiday atau yang biasa kita sebut hari libur, bukan hanya milik anak-anak dan remaja, tapi juga milik kita orang dewasa, termasuk saya. Ini merupakan liburan pasca ujian semester 4 yang baru saja kelar. Pilihan saya jatuh pada sebuah gundukan menjulang yang tak lain adalah gunung, tepatnya Sanng Merapi di mana Mbah Marijan tinggal. Tapi saya tidak sowan alias bertandang ke kediaman beliau. Secara, Mbah Marijan juga sudah turun gunung untuk memenuhi panggilan jadi bintang iklan ROSSA ROSSA (EXTRA JOSS).

Kedua jarum pada jam dinding menunjuk dua angka. Yang pendek menatap angka 11, sedangkan yang panjang menuding angka 12. Bersama suami, kami memacu motor ke kawasan wisata Kaliurang. Jalanan yang kami lalui berkelok-kelok, seperti jalan ular. Semakin mendekati lokasi, jalanan terus menanjak, udara semakin sejuk, sehingga menggodaku untuk melingkarkan tangan di pinggang suami. Tiba-tiba saja lagu “Naik-naik ke Puncak Gunung” singgah di benak saya.

Seperti yang pernah saya alami sebelumnya jika naik ke tempat tinggi. Pada ketinggian tertentu, mendadak kuping kiri saya tersumbat, seperti budeg, tapi tidak 100%, karena saya masih bisa mendengar. Telinga kanan saya menyusul kembarannya, menjadi buntu juga ketika mencapai ketinggian tertentu untuk kedua kalinya. Tapi ini bukan penyakit kronis. Ini sudah biasa terjadi karena perubahan tekanan udara. Udara yang sudah tidak bisa dibilang dingin ini tetap terasa menyergap tubuh dan menyejukkan hati, halah….

Kami berdua tiba di gerbang masuk lokasi, yang mirip dengan pintu masuk jalan tol. Berlakulah hukum jual beli disini, tanpa transaksi. Beli karcis bayar dan masuk. Tarif yang dikenakan berlaku untuk jenis kendaraan, jumlah pengunjung, dan ukuran orang—maksudnya tarif untuk anak-anak dan orang dewasa. Motor membawa kami melewati jalanan yang kembali berliku. Sepanjang jalan berderet wisma, hotel, motel dan segala bentuk penginapan dengan berbagai nama. Selain itu penjual berbagai jenis makanan tampak berbaris di sisi jalan. Hingga akhirnya motor membelok ke taman tempat santai. Setelah memarkir motor pada tempat yang seadanya, kami naik. Pandangan mataku tertumbuk pada menara pandang 3 lantai yang berfungsi sebagai tempat untuk memantau aktivitas merapi. Lantai pertama biasa saja, naik ke lantai 2 dipajang foto-foto pada dinding atas, pada lantai ketiga yang merupakan puncak menara tersedia beberapa kursi panjang. Di lantai inilah para pengunjung sibuk mengambil gambar, mengamati pemandangan dengan binokuler atau keker. Dari lantai atas menara ini disamping tampak pemandangan indah tampak juga sekelompok anak muda yang berkemah. Tapi sayangnya gunung merapi tak bisa diamati karena tertutup awan. Nah, ini dia fotonya:

Setelah dirasa cukup, saya dan suami turun, berjalan-jalan mengitari tempat itu. Meskipun bukan hari libur, tapi para pengunjung yang notabene wisatawan domestik, memenuhi kawasan wisata ini. Banyak tempat duduk yang dibuat di berbagai tempat dengan jarak tertentu, untuk para pengunjung beristirahat. Tempat duduk tersebut terbuat dari semen. Kalau diperhatikan sekilas seperti bentuk nisan, osram….

Kami memilih tempat dan duduk sejenak, melepas lelah dengan mengamati sekitar sambil membaca majalah yang sengaja kami bawa. Taman santai itu banyak ditumbuhi pohon-pohon kecil tapi rindang, dengan ditemani rumput berwarna hijau terang. Sejumlah penjual dapat ditemui setelah menuruni anak tangga dari taman santai. Hanya saja yang sangat menganggu kenyamanan adalah banyaknya sampah yang bertebaran di sana sini. Padahal di karcis sudah tertera himbauan untuk menjaga kebersihan tempat wisata. Bahkan saya sempat menangkap pemandangan yang berupa tumpukan sampah, yang letaknya tak jauh dari tempat sampah yang telah disediakan. Ironis bukan?

Kawasan wisata kaliurang, juga menyediakan layanan tour keliling dengan kendaraan seperti kereta uap. Beberapa kendaraan tersebut melintas sambil membawa sejumlah penumpang dengan suara yang meraung-raung. Asap hitamnya mengepul, menambah pencemaran lingkungan yang seharusnya dijaga keasrian dan kesegaran udaranya.

Langkah kaki kami terus terayun. Mumpung masih di lokasi, waktu kami manfaatkan untuk menjelajah. Tempat selanjutnya yang kami tuju adalah gardu pandang. Fungsinya hampir sama dengan menara pandang, letaknya juga tak jauh dari menara. Kami memanjat pagar gardu pandang dan bergaya bebas dengan beberapa kali jepretan kamera dengan meminta tolong salah satu pengunjung untuk mendokumentasikan aksi kami.

Turun dari pagar, kami mengelilingi taman disekitarnya yang cukup rimbun. Beberapa tulisan di papan kecil yang diberi tiang bertutur “Sayangilah tanaman”. Kembali kami berpose ria dengan sejumlah pohon dan tanaman hijau lainnya. Hari itu kami serasa jadi foto model, dasar narsis,,,, Eh sebentar, syut…mampir dulu ke ayunan ah, sambil mengingat kembali masa-masa TK yang telah lewat.

Ekspedisi kami berlanjut ke Bunker perlindungan darurat yang dibangun untuk tempat bersembunyi dari segala kemungkinan (gunung merapi bisa njeblug sewaktu-waktu). Semoga saja tidak.

Acara liburan itu kami akhiri dengan melewati jalan memutar sebelum turun gunung. Apalagi suamiku melihat perubahan cuaca yang mulai mendung. Sebelum benar-benar meninggalkan kawasan kaliurang kami disapa dengan udang raksasa yang sedang bertengger di atas batu. Udang tersebut tak lain adalah simbol kawasan itu yang berupa bundaran dengan kolam kecil yang dihuni ikan-ikan yang kecil pula. Patung itu menarik perhatian kami untuk berfoto bergantian.

Motor yang membawa kami, turun perlahan, keluar dari pintu gerbang dan melesat terbang ke bawah. Dalam perjalanan pulang, perut kami memberikan sinyal yang kuat, bahwa di pinggir jalan ada jadah dan tempe bacem Mbak Carik dan kopi anget yang perlu dicicipi kelezatannya. Beberapa menit berlalu. Hidangan yang sudah tandas itupun kami tinggalkan dengan membayar harganya. Motor merayap turun dengan pasti. Pukul 14.24 sampailah kami di rumah dengan selamat, sehat wal afiat, tak kekurangan suatu apapun dan yang penting lambung telah terisi makanan dan otak mengalami penyegaran serasa direfresh oleh pengalaman serta sejuknya udara di kaliurang.

Tik…tik…tik…klothak…klothak…bress…. Suara apa itu? Hujan mulai mengguyur, tepat setelah kami masuk rumah. Suamiku tengkyu, berkat instingmu yang kuat, kita tak perlu berbasah ria.

293 comments:

  1. itulah asiknya jadi bu Guru..
    murid lbur ikutan liburan juga..:)

    ReplyDelete
  2. wah sudah bersuami pantas lama hiatus ya mbak

    ReplyDelete
  3. wah perjalanan yang menyenangkan... foto-2nya keren..

    ReplyDelete
  4. wuuuiiih jadi keinget pengalaman gw ke kaliurang puluhan tahun yg lalu hehehehhe lebay ya, dulu waktu kuliah pernah kesana, enak udaranya disana, dingin sejuk segar....jd pingin kesana lagi

    ReplyDelete
  5. perjalanan yg indah psti nih, sama kekasih...

    ReplyDelete
  6. jauh berjalan luas pandangan

    waduh betul2 luas pandangan bila di pergunungan nih...

    ReplyDelete
  7. Astaga... sampai manjat2 segala mbak..
    Aku gak berani tuh spt itu.. takut jatuh. Hehehe

    ReplyDelete
  8. Kangen jadah dan tempe bacem kaliurang...
    Kapan ya bisa kesana lagi...?

    ReplyDelete
  9. >> Duh.. jadi pingin ke Yogya lagi..... ^_^

    ReplyDelete
  10. aku kalo ke kaliurang ga pernah beranjak jauh dari parkiran. malas jalan. hehehe..

    ReplyDelete
  11. wah, baru tau kalo di kaliurang ada patung udang nya...kapan yah dipajang??

    ReplyDelete
  12. kaliurang memang sudah se-sejuk beberapa tahun yang lalu, sekitar tahun 2001 saya juga ke sana, masih dingin sekali, kemana-mana harus mengenakan jaket tebal. Tapi, kini memang tidak dingin lagi, hanya sejuk saja. Ini memang ada kaitannya dengan semakin berkurangnya vegetasi besar yang ada di sana karena semakin banyaknya bangunan yang muncul, serta dampak nyata dari global warming! Trims!

    ReplyDelete
  13. waw,,
    aku kok gak diajakin sich????

    Om Canel

    ReplyDelete
  14. Liburan yang mengasyikkan..thanks atas share cerita perjalanannya

    ReplyDelete
  15. Salam kenal..liburan yang menyenagkan, bersama suami dan udara yang bagus..meskipun sedikit ada kejahilan tangan manusia.
    Yang paling menarik tiba di rumah hujan pun turun, jadi tidak perlu berbasa ria.

    ReplyDelete
  16. menyenangkan sepertinya...
    btw, udah punya suami ya?

    ReplyDelete
  17. BERLIBUR DI TEMPAT YANG SEJUK DAN BERUDARA BERSIH ADALAH IMPIAN SETIAP ORANG YANG TINGGAL DI JAKARTA YANG MENYESAKKAN DADA DAN MENGURAS PIKIRAN. KALAU RAJIN BERLIBUR SEPERTI ITU NISCAYA HATI DAN PIKIRAN JADI SEMAKIN BERSIH, DAN HIDUP AKAN JAUH LEBIH MEMBAHAGIAKAN DAN LAMA...

    ReplyDelete
  18. waow, hasil jepretan fotonya keren2 nih...

    ReplyDelete
  19. wah asik ya sama pasangan :)
    "imagination and dreams to become a successful" bersilahturahmi :)

    ReplyDelete
  20. wew asik tuch mbak, lama gak blogcoming nich ... visit me yah Paimen ngenet gratis

    ReplyDelete
  21. liburan ya.....asyik sekali....kapan aku liburnya

    ReplyDelete
  22. wah seneng baget ya. cihuy apalagi sama misoa ya. Salam sehat dari kami rumah sehat afiat

    ReplyDelete
  23. Liburan memang menyenangkan jika diisi dengan kegiatan yang banyak membutuhkan gerakan badan. Apalagi berpetualang kali ini dilakukan dengan mengunjungi tempat2 yang bersetuhan langsung dengan alam

    ReplyDelete
  24. Wah, pasti cape sekali nih harus mendaki gunung berapi. Tapi aku yakin, rasa cape ini terbayarkan dengan pemandangan yang indah

    ReplyDelete
  25. salam kenal ibu guru
    wah asik ya jalan2 dengan suami
    serasa honeymoon teruuuus :D

    ReplyDelete
  26. libur nya panjang juga ya, terima kasih sudah bekunjung, salam kenal

    ReplyDelete
  27. MAAF BARU BERKUNJUNG YA MBAK, SY JG ABIS LIBURAN HEHE

    ReplyDelete
  28. suatu liburan yg indah tentunya, apalagi bersama orang terkasih :)

    ReplyDelete
  29. Senengnyaa bisa liburaaan ke tempat tempat kereen..

    :D

    mkashy buat kunjungan dan komentarnya :D

    ReplyDelete
  30. Ngisi absen blogger jogja dulu hehehe, salam kenal dulu ya. BIkin rame dulu maklum beru pertama kali jumpa jadi harus seru-seruan dulu :)

    JAdi ingat waktu ngumnpul ama anak-anka di Kaliurang foto-fotonya

    ReplyDelete
  31. wah kayaknya asyik banget nih jalan2 nya

    salam kenal yah mba
    chika izin follow^^

    ReplyDelete
  32. Haha...ngakak baca postingannya Jeng :D. lucu banget.. Btw, Jogjanya dimana, aku di solo. Salam kenal juga yaa.
    Hayoo, Bu guluuu jangan panjat-panjant pagal... ntal jatooh lhoo...

    ReplyDelete
  33. kunjungan balik aja..
    posting lgi donk!... hehe.. ^^

    ReplyDelete
  34. Liburan yang mantab...
    Salam kenal.. :D

    ReplyDelete
  35. enak ya jalan2, saya nggak pernah lihat langsung gunung merapi apalagi mendekati...
    lau banyak disini

    ReplyDelete
  36. wah jdi ngiri.. paling indah emg klo bpergian sm sang suami trcinta. aman dan nyaman... xixixi...

    btw bulan juli smua ya, sy 10 juli, bsok hehe

    ReplyDelete
  37. btw mba yulinda cntik ^________^

    dan sngat lbh cntik lgi kalo pake jilbab ^^

    ReplyDelete
  38. Sayangnya si markas mbah marijan tidak kepotret...sudah pindah Jakarta kale!

    Sedang berkabut barangkali, sehingga keindahan merapi tidak diabadikan secara utuh he he he

    ReplyDelete
  39. waduh.... jadi pengen kesana.... saik banget kayaknya seru seruan..... hihihihihihi

    ReplyDelete
  40. jadi pengen ke kaliurang lagi.ehehe

    ReplyDelete
  41. Program baru. Daftar lgsg dpt $10. Dalam masa promosi program, akan dpt bonus $2 dr setiap link referal. Prmosi berakhir sampai tanggal 1 Agustus. Pembayaran via Paypal

    ReplyDelete
  42. mantap mbak ber 2 an ke gunung,,,ehm ayo makan apa di sana,,,

    ReplyDelete
  43. ahhh... pengen ikutan... asyik banget yah kesana...


    salam kenal mbak...

    ReplyDelete
  44. Kawasan wisata Kaliurang amat menarik sekali. Cuaca yang sejuk, pemandangan alam yang indah dan orangnya yang ramah. Perjalanan wisata yang mengesankan. Rasanya fresh kembali untuk memulai aktifitas baru yang 'menantang' di depan mata.

    ReplyDelete
  45. Jalan-jalan ke kawasan pegunungan yang hijau dan sejuk, memang menyehatkan jiwa dan raga, teruskan!

    ReplyDelete
  46. TERIMAKASIH BUAT SEMUA KAWAN, SAUDARA, DAN HANDAI TOLAN YANG TELAH MELUANGKAN WAKTU UNTUK BERKUNJUNG KE LAMAN PELANGI ANAK, TELAH MENINGGALAK JEJEK ISTIMEWA DAN MENGESANKAN, SEMOGA KUNJUNGAN TERSEBUT AKAN MENJAGA MOTIVASI SAYA UNTUK TETAP EXIST DI DUNIA MAYA INI, AMIEN!

    ReplyDelete
  47. terimakasih telah berbagi pengalaman...

    ReplyDelete
  48. memang sungguh luar biasa nih artikel yang disajikan sangat bermanfaat dan memang berguna sekali untuk motivasi ke arah yang lebih baik.. save the indonesian blogger, hahaha

    ReplyDelete
  49. terimakasih banget yah infonya luar biasa sekali bermanfaat dan insyaallah blog ini kan selalu melekat di hati para blogger lainnya.. amin..

    ReplyDelete
  50. wah... mendadak saya jadi semangat nih habis baca artikel agan

    ReplyDelete
  51. infonya sangat menarik gan, salam sukses blogger indonesia...

    ReplyDelete
  52. wah seru ya,,, padahal judulnya agak serem.. hehe

    ReplyDelete
  53. infonya mnarik jga pmandangan nya bgus

    ReplyDelete
  54. makasih atas infonya sangat meanrik dan artikelnya keren banget
    obat lemah syahwat
    obat asam urat

    ReplyDelete
  55. jadi pengen jalan-jalan,setalah lihat foto-foto mbak,sukses selalu dan tambah sehat mbak.

    ReplyDelete
  56. like this gan thanks for share

    ReplyDelete
  57. Menarik sekali..
    Informasi yang Anda berikan sangat bermanfaat,,
    salam semangat..

    ReplyDelete

  58. met kerja gan ,,,,, kasih imfluens yang baik buat gan gan yang lain ya

    ReplyDelete
  59. hopefully I'll be able to visit her again to the web,,,,,

    ReplyDelete
  60. Thnks You Gan Your Post ,,,, very very nice

    ReplyDelete
  61. web fun,,,, I hope your day beautiful gan

    ReplyDelete

  62. web set yang menyenangkan ,,,, semoga hari mu indah gan

    ReplyDelete

  63. Thnks Gan Atas Infonya ,,, Teruslah Berkarya Yang Tebaik Buat Bangsa Kita ,,,, Republik Indonesia

    ReplyDelete
  64. Senang bisa mengunjungi web yang penuh dengan informasi ini ,,,, thnks gan

    ReplyDelete
  65. Senang bisa mengunjungi web yang penuh dengan informasi ini ,,,, thnks gan

    ReplyDelete
  66. Thnks Gan Infonya ,,, Oh Iya Jangan Lupa Bikin Artikelnya yang pOsitif ya gan ,,, yang men insfirasi kita ,,, para pembaca

    ReplyDelete

  67. selamat Siang gan ,,,, selam sehat ,,,, Thnks Infonya,

    ReplyDelete
  68. kasih imfluens yang baik buat gan gan yang lain ya

    ReplyDelete
  69. terima kasih artikelnya yang luar biasa ini ..
    sering-sering mas kasih artikel untuk kebaikan situsnya juga...

    ReplyDelete
  70. informasi yang sangat bagus untuk disimak..terimakasih

    ReplyDelete
  71. anks atas info yang telah diberikan pasti bermanfaat dan berguna banget bagi saya thnks yah gan

    ReplyDelete

  72. Infonya sungguh sangat berguna pak admin... thanks ya..

    ReplyDelete
  73. thanks atas info yang telah diberikan pasti bermanfaat dan berguna banget bagi saya thnks yah gan

    ReplyDelete
  74. tulisan yang bagus dan bermanfaat sekali....terimakasih untuk postingannya!

    ReplyDelete

  75. nice share, semoga sukses selalu pak!

    ReplyDelete
  76. web fun,,,, I hope your day beautiful gan

    ReplyDelete
  77. Thnks gan atas infonya ,,,,,,,,, smoga lebih pariatif lagi isinya

    ReplyDelete
  78. Senang Hari ini bisa berkunjung ke web ini ,,, sukses gan

    ReplyDelete
  79. Senang Hari ini bisa berkunjung ke web ini ,,, sukses gan

    ReplyDelete
  80. senang hati bisa berkunjung ke sini,,,,, bbikin lebih pariatif lagi dong gan ,,,,,,

    ReplyDelete
  81. thnks gan infonya verry nice!!!!!

    ReplyDelete
  82. Ijin Nyimak gan ,,, kaya keren ni artikelnya

    ReplyDelete
  83. wah Ga asik ni kalau ,,,, ga baca dulu ,,,, ijin y Gan ,,,,, beuh keren ni web nya

    ReplyDelete
  84. ayo gan kita sama2 berkarya ,,,, agar buat negara ini bangga

    ReplyDelete
  85. ijin nyimak gan ,,,,,,, thnks sebelumnya....

    ReplyDelete
  86. met kerja gan ,,,,, kasih imfluens yang baik buat gan gan yang lain ya

    ReplyDelete
  87. ijin nyimak gan ,,,,,,, thnks sebelumnya....

    ReplyDelete
  88. wah Artikelnya perlu dibaca ni,,,,, ijin baca y gan ,,,, moga sukses

    ReplyDelete
  89. ,,,,, kasih imfluens yang baik buat gan gan yang lain ya

    ReplyDelete
  90. tambah sukses dan sehat selalu gan

    ReplyDelete
  91. wah Artikelnya perlu dibaca ni,,,,, ijin baca y gan ,,,, moga sukses

    ReplyDelete
  92. ayo gan kita sama2 berkarya ,,,, yang pasti yang positif

    ReplyDelete
  93. met malan gan ,,, thanks gan Infonnya.......

    ReplyDelete
  94. Menarik sekali..
    Artikel yang Anda berikan sangat bermanfaat,,
    salam semangat..

    ReplyDelete
  95. Thnks Gan Atas Infonya ,,,, nice day gan

    ReplyDelete
  96. Pagi Gan Ikut nimbrung ya,,,,, smangat

    ReplyDelete
  97. Thanks atas artikelnya, makin nambah wawasan saya

    ReplyDelete
  98. Selamat Pagi Kawan ,,,, ijin nyimak kawan

    ReplyDelete
  99. thanks atas info yang telah diberikan pasti bermanfaat dan berguna banget bagi saya thnks yah gan

    ReplyDelete
  100. Thanks atas artikelnya, makin nambah wawasan saya

    ReplyDelete
  101. Informasinya boleh banget nih.
    terimakasih ya atas informasinya

    ReplyDelete
  102. informasi yang sangat bagus untuk disimak..terimakasih pak.

    ReplyDelete
  103. semoga kunjungan tersebut bisa membawa dampak postif

    ReplyDelete
  104. Menarik sekali..
    Artikel yang Anda berikan sangat bermanfaat,,
    salam semangat.

    ReplyDelete
  105. web set yang menyenangkan ,,,, semoga hari mu indah gan

    ReplyDelete
  106. Sangat bermanfaat, salam semangat melahirkan karya baru

    ReplyDelete
  107. met kerja gan ,,,,, kasih imfluens yang baik buat gan gan yang lain ya

    ReplyDelete
  108. selamat siang gan ,,, smoga sukses dengan webnya

    ReplyDelete
  109. makasih atas infonya sangat menarik dan artikelnya juga berkualitas

    ReplyDelete
  110. trimakasih ...sangat inofatif sekali

    ReplyDelete
  111. terimakasih atas informasinya,semoga bermanfaat.

    ReplyDelete
  112. terimakasih informasinya ,, semoga bermanfaat dan sukses ! :)
    http://goo.gl/XfLzn7

    ReplyDelete
  113. makasih informasinya
    salam sehat selalu .

    ReplyDelete
  114. Informasinya sangat bagus dan bermanfaat.

    ReplyDelete
  115. informasinya sangat menarik dan bermanfaat.terimakasih ya!!

    ReplyDelete
  116. informasinya sangat mantap dan keren gan ,thank ya!

    ReplyDelete
  117. tulisan yang bagus dan bermanfaat sekali....terimakasih untuk postingannya!

    ReplyDelete
  118. makasih atas infonya sangat menarik dan artikelnya juga berkualitas

    ReplyDelete
  119. terimakasih gan buat informasi nya semoga bermanfaat ya
    http://goo.gl/LuiEKS

    ReplyDelete
  120. makasih atas infonya sangat menarik dan artikelnya juga berkualitas

    ReplyDelete
  121. informasinya mantap bener dah,terimakasih and selamat pagi gan!

    ReplyDelete