Friday, 25 December 2009

PENDIDIKAN SEKS UNTUK ANAK USIA DINI

Suatu hari seorang teman pernah bercerita pada saya tentang anaknya. Seperti yang kita tahu, anak-anak terkenal dengan kepolosan, kelucuan dan keterkejutan. Untuk yang satu ini para pembaca sekalian pasti bertanya-tanya, mengapa bisa dikatakan keterkejutan. Kata-kata anak-anak memang selalu tidak terduga. Daripada terus dihinggapi rasa penasaran, saya mulai ceritanya.

Teman saya: “Kamu tadi lagi ngapain sama ayahmu, Teo?” (bertanya pada anaknya yang bernama Teo)
Teo: “Nonton film?”.
Teman saya: “Film apa to dik?”.
Teo: “Nggak tau buk, nggak sampai selesai, kayak film orang kerokan?”(dengan wajah dan nada suara polosnya).

Sontak saja teman saya langsung tertawa ngakak dengan jawaban anaknya yang masih duduk di bangku TK tersebut. Mungkin dari teman-teman ada yang tahu isi cerita ini. Ya cerita ini tak lain adalah mengisahkan tentang kegiatan anak yang sempat menonton sekilas adegan film porno, tapi tidak sampai akhir, mungkin hanya adegan pembuka.

Berikut ini akan saya ceritakan kisah yang lain.

Ada sebuah keluarga kecil (pasangan muda) dengan satu anak laki-laki berusia 5 tahun, mengontrak kamar atau kos kamar. Suatu siang yang amat terik si anak tadi keluar dari kamar kos.

“Lho siang-siang begini kok keluar to dik, nggak tidur siang?” tanya teman saya yang juga kos disitu. “Aku disuruh keluar sama papa,” jawabnya dengan wajah dan nada suara datar. “Kenapa disuruh keluar?” teman saya penasaran. “Soalnya papa bilang, papa sama mama mau push up,” jawab anak itu, lagi-lagi dengan kepolosannya. Akhirnya teman saya tahu, apa yang sedang terjadi di dalam. Sambil menahan tawa dia langsung kembali ke kamarnya.

Ada banyak cerita seputar si kecil, yang lucu dan menggemaskan untuk disimak. Satu cerita lagi yang akan saya hadirkan disini. Inilah kisahnya.

Seorang anak laki-laki berusia 5 tahun dan masih duduk di bangku TK terkejut ketika memasuki kamar yang tidak terkunci dan mendapati ayah ibunya sedang berhubungan badan. “Lho…ibuku diapain…,”teriak si anak. Sejak saat itu si anak menjadi benci dan menunjukkan sikap permusuhan terhadap ayahnya, karena dia merasa ayahnya telah menyakiti ibunya.

Selama ini, pendidikan seks untuk anak usia dini dianggap tabu di kalangan masyarakat. Mereka beranggapan bahwa pendidikan seks belum pantas diberikan pada anak kecil. Padahal dengan pendidikan seks yang diberikan sejak dini sangat berpengaruh dalam kehidupan anak ketika dia memasuki masa remaja. Apalagi anak-anak sekarang kritis, dari segi pertanyaan dan tingkah laku. Itu semua karena pada masa ini anak-anak memiliki rasa keingintahuan yang besar. Pernahkah para pembaca mendengar tentang seorang anak yang bertanya “Adik bayi itu keluar dari mana?” atau “Adik bayi asalnya dari mana?”. Untuk itu perlu kiat-kiat khusus dalam memberikan pemahaman tentang seks kepada mereka. Biasanya tak jarang orangtua mengalihkan pembicaraan, kadang mereka membentak dan melarang anak untuk tak menanyakan hal tersebut. Selain itu jawaban yang diberikan malah terkesan ngawur. Padahal jawaban yang demikian bisa memicu anak untuk mengeksplor sendiri, karena mereka merasa penasaran dan berusaha mencari jawaban sendiri, apabila tidak mendapatkannya dari orangtuanya.

Melalui cerita ini, saya bermaksud berbagi cerita dan berbagi tips tentang cara memberikan pendidikan seks untuk anak usia dini. Ada beberapa tips dalam memberikan pemahaman anak tentang seks antara lain: Menanamkan rasa malu, misalnya dengan membiasakan anak untuk ganti baju di tempat tertutup; Menanamkan jiwa maskulinitas pada anak laki-laki dan jiwa feminitas pada anak perempuan, misalnya dengan berpakaian sesuai dengan jenis kelaminnya; Memisahkan tempat tidur mereka, terutama dengan saudara yang berjenis kelamin berbeda; Mengenalkan waktu berkunjung (meminta izin dalam 3 waktu), untuk menanamkan dan menghormati privasi masing-masing saat berada di dalam kamar; Mendidik anak untuk menjaga pandangan matanya dari hal-hal yang mengandung unsur pornografi; Mengajari anak untuk menjaga kebersihan alat kelamin sekaligus juga mengajari anak tentang najis, membiasakan anak buang air kecil pada tempatnya (toilet), dengan begitu anak akan terbiasa mandiri dan tidak bergantung pada orang lain. Selain itu, secara tidak langsung mengajari anak untuk tidak sembarangan mengizinkan orang lain membersihkan alat kelaminnya.

Pendidikan seks untuk anak-anak walaupun diberikan sejak dini juga harus memperhatikan faktor usia dan tingkat pemahaman anak. Beri penjelasan dengan bahasa yang dimengerti oleh anak. Pendidikan dapat diawali dengan mengenalkan identitas anak, mengenalkan perbedaan ciri-ciri tubuh anak perempuan dan laki-laki. Selanjutnya jelaskan pada anak tentang bagian tubuh yang tersembunyi, yang dianggap tabu untuk disebutkan namanya. Menjelaskan pada anak apa adanya bukan berarti jorok. Memang tidak gampang memberikan penjelasan tersebut. Yang penting sesuai. Yang tidak kalah penting adalah menciptakan hubungan yang baik dengan anak, dengan begitu anak akan mudah menerima masukan dari orangtua, dan yang tidak ketinggalan adalah membina hubungan kerjasama dengan pihak sekolah, dengan tujuan pergaulan anak di sekolah dapat terpantau, dan tidak ada salahnya pendidikan seks untuk anak juga diadakan di sekolah.

Dengan demikian anak sudah mempunyai bekal untuk kehidupannya kelak ketika menginjak masa remaja dengan menjaga dirinya sebaik mungkin. Selain itu anak menjadi tahu batasan dan sebab akibat dari bahaya pergaulan bebas.

334 comments:

  1. waw,nice post mbak :)

    pengetahuan penting untuk semua :)

    ReplyDelete
  2. mba sendiri waktu kecil dapat pelajaran sex? masih ingat ga kpn pertama kali dapat pelajaran sex?:)

    ReplyDelete
  3. nice post mbak.betul itu..jika tidak diberikan sejak dini dari orangtua, maka anak akan mencari tau sendiri dan kemungkinan besarnya adalah mencari tau di tempat yang salah..sehingga akhirnya bisa salah jalan..

    ReplyDelete
  4. wah... *melongo... hehehe
    nanti diterapin ke anakku ah.. *masih lama ya?*
    makasih infonya ya mbak..

    lucu jawaban anak kecilnya :D

    ReplyDelete
  5. Anak saya yang berumur lima tahun saya suruh untuk membaca buku karangan Claire Llewellyn yang berjudul DARIMANA AKU BERASAL? MEMAHAMI BAGAIMANA BAYI TERBENTUK terbitan PT Elex Media Komputindo. Buku tipis itu dipenuhi dengan gambar - gambar yang bagus dan kalimat sederhana dan dimengerti anak. Saya rasa buku itu baik untuk permulaan.

    ReplyDelete
  6. he he he, bagus juga tp tulsan yg bercakap dengan anak itu saya g ngerti.. harusnya ada penterjemahnya didalam kurung..

    ReplyDelete
  7. Gampang2 susah ya mba mengajar sex untuk usia dini..., tapi saya ngakak sendiri baca jawaban polos seorang anak " soalnya bapak sama ibu lagi push up.." wekekkkkk...!!

    ReplyDelete
  8. hehe.. tipsnya berguna banget neh..
    makasih ya kawan.. :)

    -happy holiday-

    ReplyDelete
  9. Bermanfaat sekali mba tipsnya ,karena bukan hal mudah mengajarkan sex pada anak.Terimakasih banyak atas tipsnya.

    Selamat liburan juga ya mba.

    ReplyDelete
  10. plok plok plok... trimakasih Bu buat sharingnya, sangat bermanfaat, memang pendidikan sex untuk anak itu perlu tapi kadang bingung juga gimana cara ngomongnya..

    ReplyDelete
  11. pingin deh jadi murid dan gurunya anda , pasti jadi anak pintar dan berbudi

    ReplyDelete
  12. ~minomino: Trims telah kasih apresiasi yang pertama!
    ~exort: Saya belum pernah, pertama ketika SMP dari pelajaran biologi hehehh...
    ~Batz: Terima kasih banyak atas apresiasinya!
    ~anyin: Terima kasih kembali!
    ~Eko Wurianto: Wah bapak yang transformatif, itu terobosan menarik Mas!
    ~Rossy R: Gitu ya Mas, ntar tak coba edit Mas!
    ~Noor's blog: Benar Mas Noor, gampang tapi susah!
    ~Pohonku Sepi Sendiri: Happy holidays juga, thanks!
    ~ateh75: Trims, met menikmati holidays juga!
    ~Kang Sugeng: Terima kasih kembali Mas! Anda benar!
    ~Munir Ardi: Terima kasih Mas Munir!

    ReplyDelete
  13. yupz,,, memang perlu bgt tuh buk,,, biar g asal2an,, hehehe

    ReplyDelete
  14. Postingan informatif dan bermanfaat. Selamat malam sobat.

    ReplyDelete
  15. Penting sekali ini, good article!

    ReplyDelete
  16. Lanjutkan.... Perjuangan masih panjang...
    Hidup Mahasiswa.... Hidup Rakayat..!! .. :D

    ReplyDelete
  17. Assalamu'alaikum,
    Kunjungan perdana dan Salam kenal ya Mbak..

    Makasih udah berbagi ilmu dengan lainnya, semoga kita bisa menerapkan Pendidikan sex untuk anak usia dini pada anak-anak kita yang tentunya sesuai dengan etika dan batasan kemampuan logika dan pemahaman mereka.

    Wassalam,
    MAKNA HIDUP

    ReplyDelete
  18. pendidkan sex mmg penting utk ank kecil...kalau betul caranya

    ReplyDelete
  19. Infomrasi yang sangat bermanfaat nih mba. Terus terang saya kadang suka bingung juga jawab pertanyaan anak-anak (anak orang lain maksudnye:)) yg polos tapi dalam banget. Kadang kalau lagi kepepet akhirnya terpaksa mengalihkan pembaicaraa deh ;)

    ReplyDelete
  20. hua..ya ampun si adeknya polos banget ya mba dicerita itu..

    jadi lucu sendiri bcnyaa

    ReplyDelete
  21. tips nya cerdas dan informatif. thank you

    ReplyDelete
  22. artikelnya lengkap dan sangat bermanfaat.
    benar sekali kadang bingung menghadapi pertanyaan anak, bagaimana cara menjelaskan yang sesuai tingkat pemahamannya.
    makasih sharingnya.

    ReplyDelete
  23. bermanfaat buat kita orang tua. bisakah lebih detil tentang tips-nya?

    ReplyDelete
  24. Memang pendedikan sek itu mesti di berikan sedini mungkin.. pada setiap tahapan perkmbangan anak.. cuman masih banyak orang yang menganggap bahwa itu tabu.. ya bu guru.. PUD itu kan identik atau asalnya sih dari BKB ( bina keluarga balita ) ya.. hehe

    ReplyDelete
  25. wah, jadi pengen punya "adek"hehe

    i fol y
    salam kenal arif^^

    ReplyDelete
  26. yang penting bukan prakteknya kan?

    ReplyDelete
  27. salam sobat
    trims mba sharing dan ilmunya
    memang perlu diberikan pendidikan seks sejak dini,agar mempunyai bekal saat nanti remaja untuk menjaga dirinya,

    ReplyDelete
  28. ~Newsoul: Terima kasih banyak!
    ~nuansa pena: Terimakasih banyak!
    ~Pekanbaru Riau: Hidup blogger mania!
    ~paksuu: Caranya memang harus tepat Mas!
    ~Rita Susanti: Semoga sampean semakin pintar menjelaskan Mbak!
    ~ratna wulandari: Itu asli loh...lucu memang!
    ~Ayu Mamisinga: You're very welcome!
    ~MAKNA HIDUP: Terimakasih kembali!
    ~narti: Terimakasih kembali Mabk!
    ~sibaho way: Semoga nanti ada lanjutannya yang lebih detail Mas!
    ~Saung Web: Anda benar sekali Mas!
    ~dwi wahyu arif nugroho: Saya sudah flw duluan!
    ~Ayas Tasli Wiguna: Oke!
    ~suwung: Sampean tambah suwung wae he he he!

    ReplyDelete
  29. artikel yang bagus mbak.
    semoga bisa saya terapkan dalam mendidik anak - anak yang kadang pertanyaanya susah kita menjawabnya.

    ReplyDelete
  30. mantap nih...thanks atas pencerahannya bu guru...

    ReplyDelete
  31. Pendidikan sejak dini mungkin perlu ya mbak..
    tapi juga lingkungan kadang sangat berpengaruh,,

    ReplyDelete
  32. dulu pernah rame2 nonton video keajaiban penciptaan nya Harun Yahya sama anak-anak...seru banget, sekaligus untuk menjelaskan ke mereka bagaimana seorang bayi bisa ada....nice post sista

    ReplyDelete
  33. saya juga sering dengar anak-anak yang bertanya dengan orang tuanya. tapi terkadang orang tua susah memberikan jawaban yang pas. tips dari mbak yulinda boleh juga nih, insyaallah bisa diterapkan nanti *kalo udah punya anak :)*

    ReplyDelete
  34. saya dulu ga pernah dpt pendidikan sex, tau secara alami, hehehe.. tp kan ga bs disamain dg jaman skr yaa.. kuatirnya malah jd salah persepsi klo ga diterangkan sejak dini..

    ReplyDelete
  35. Saya sendiri mendapatkan pendidikan sex dari teman-teman sepermainan saya. Dengan rasa keingintahuan kita yang masih ber Sekolah Dasar.

    Bahkan sampai SMA pun orang tua tidak memberikan pengetahuan seputar itu. Dikiranya saya masih kurang cukup umur kali yah..??

    saat SMP pun juga demikian sama, guru biologi kurang memberikan pelajaran Sex, karena masih takut2 dalam memberikan materi seputAr itu.

    Akhirnya...
    yah itu dia... saya lebih tau seputar itu dari kalangan teman-teman saja.

    Tp sekarang sih sudah paham betul...
    hehehehe
    udah gede sih...

    ReplyDelete
  36. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  37. ~NURA: 100% correct Mbak Nura!
    ~albertus goentoer tjahjadi: Trims berat Mas!
    ~sepur: Terima kasih Mas!
    ~Fajar: Sama-sama Mas Fajar!
    ~Itik Bali: You're absolutely correct!
    ~Desri Susilawani: Wah jadi pengin dech nonton video itu!
    ~Henny Y.Wijaya: Terima kasih Mbak Henn!
    ~Meidy: Bener Mbak, saya juga gak pernah kok dapat pendidikan seks dari keluarga...tetapi kalau kita belajar dari kehidupan modern ini, kebutuhan tersebut sepertinya tak terelakkan demi kelengkapan bekal untuk anak-anak kita.
    ~Phonank: Iya Mas Phonank, pengalaman saya juga hampir serupa! Trims atas apresiasinya Mas!

    ReplyDelete
  38. Maka alangkah indahnya "pendidikan seks" dalam Islam. Sedari dini ada pengenalan waktu dan tempat privat untuk orangtua yang tidak dapat dimasuki anak, yakni saat pagi dan setelah maghrib. Etika ketuk pintu atau mohon izin untuk masuk kamar tidur ortu. Ada budaya malu memakai pakaian minim dsb.
    Sebuah share yang bagus, mbak. Ternyata untuk hal2 yang nampak sepele, banyak ortu yang menggampangkan masalah.

    Oya bila berkenan, ada award buatmu. Silakan diambil yaaa

    ReplyDelete
  39. terkadang orang tua terlalu membelenggu anak dan tidak mau memberikan pengarahan tentang seks. mungkin ini juga salah satu masalah yang patut dibahas

    ReplyDelete
  40. saya manggut-manggut terus baca postingan ini. hem, ngebayangin nanti anak saya, gimana ya ngedidiknya. tapi untung ada tipsnya di sini. terima kasih... :)

    ReplyDelete
  41. artikelnya menarik..
    bikin ketawa juga... :)

    btw mbak gak punya shoutbox untuk sekedar menyapa?

    ReplyDelete
  42. nice post, mbak
    yang beginian harus diperhatikan pula..

    ReplyDelete
  43. iya nih.. perlu banget pendidikan seks untuk anak kecil usai sekarang.. beda zamannya dengan dulu yang belum ada teknologi... sekarang mah anak kecil dah bisa akses internet.. jadi segalanya bisa msuk ke mereka dan harus diawasi dan diberi pengarahan....

    ReplyDelete
  44. hai girl..
    Nice info.. keep it up alwys
    anyway thx stopping by my blog..
    Salam kenal n Happy new year 2010 ☻

    ReplyDelete
  45. agar selalu hati-hati
    jangan sampe anak2 salah paham kemudian salah mengaplikasikannya

    ReplyDelete
  46. Semua sudah dijelaskan di atas, mulai dari tingkat pendidikan anak hingga kemampuan pemahaman kognitif dan bahasa dalam melakukan pendidikan seks pada anak.

    ReplyDelete
  47. Memang pelajaran usia dini itu perlu,
    Tapi ada juga dihawatirkan ada anak yang salah
    persepsi.......

    ReplyDelete
  48. tulisan tentang pendidikan seks utk anak dpt juga dilihat di :http://kaylakita.blogspot.com

    ReplyDelete
  49. selamat tahun baru,mbak

    ada hadiah tahun baru buat mbak

    silahkan di ambil

    ku tunggu ya..

    (^*)

    ReplyDelete
  50. Selamat Tahun Baru 2010, kawan..
    di tempatku ada hadiah pergantian tahun buatmu.. mohon sekiranya sudi utk menerima..

    ReplyDelete
  51. makasih banyak atas Artikelnya yang bermanfaat ini.

    Semoga Allah SWT memberkahi kita semua dan memudahkan segala urusan kita. Tahun 2009 sudah meninggalkan kita dan tahun 2010 kita awali dengan niat dan doa serta berharap kehidupan kita kian lebih baik lagi. Amin...

    ReplyDelete
  52. tapi pemilihan kata yang sulit untuk tiap anak...kadang menghambat saya untuk menerangkan kepada adek saya...

    ReplyDelete
  53. nice post sobb.. buat reminder ortu

    ReplyDelete
  54. Memang susah-susah gampang menjadi orang tua. Orang tua saya malah tidak pernah membicarakan hal itu.
    Untung saya sekolah, Mbak!
    Hidup pendidikan!

    ReplyDelete
  55. Oh iyaaaaa.. Met Tahun baru juga!

    ReplyDelete
  56. Selamat tahun baru ya sis.Yah,sayangnya saya nggak ada anak ya...

    ReplyDelete
  57. wah hebat sekali... bisa nulis selengkap ini tentang anak-anak...

    salam kenal yaa... met tahun baru.. :)

    ReplyDelete
  58. artikelnya menarik dan sangat bermanfaat..apalagi sekarang ini banyak media informasi yang mengumbar dan mengeksploitasi seks...

    ReplyDelete
  59. anak sekarang memang beda dengan jaman kita kecil dulu. dalam hal pembelajaran tak cukup hanya dengan kata tabu. sepertinya dari kecil sudah menuntut adanya pendidikan yang terbuka. mereka tak mau dianggap anak-anak lagi dan ingin dijadikan teman curhat.

    ReplyDelete
  60. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  61. perilaku orang tua kemungkinan besar bisa menurun ke anak

    ReplyDelete
  62. pendidikan seks harus diterapkan dengan bijak dan hati-hati supaya tidak malah salah kaprah anak-anaknya . Nice post terus berkarya sahabat semoga makin suksess dalam segala bidang

    ReplyDelete
  63. saran aja mba, yang penting itu pend. sex buat remaja, krna golongan ini yang kadang2 kebablasan.

    ReplyDelete
  64. Artikelnya menarik Mbak...salam kenal yah!

    Pendidikan seks pada anak usia dini memang sangat penting. Untuk membiasakan mereka sejak dini dengan cara hidup yang sehat, cara bergaul dengan sehat, cara menjaga diri dengan sehat pula he he he ...

    Harus sejak dini memang, karena pengaruh dari luar keluarga dan media datangnya juga sejak dini, sehingga kita tidak ketinggalan dalam memberikan keseimbangan informasi dan pendidikan soal perilaku hidup yang sehat dan aman untuk diri-sendiri, sesama, dan lingkungan alam ....

    Keep on writing Mbak Nonik!

    ReplyDelete
  65. penting banget sih ya sex edu buat anak2,, biar gak kebablasan kalo udah remaja...

    ReplyDelete
  66. ~aziz orang merdeka: Betul juga, selain pendidikan seks untuk anak usia dini, para remaja juga masih perlu diberikan pendidikan seks yang lebih benar dan baik, sehingga mereka lebih bertanggungjawab dalam membawa dirinya sendiri, mengingat banyak suber media yang memborbardir mereka dengan expose yang nyrempet pornografi, sehingga tantangan dan godaan mereka juga semakin dasyat, kalau tidak cerdas dalam mensikapi mereka bisa terjerumus ke pergaulan dan perilaku seks yang merugikan diri sendiri dan orang lain.

    ReplyDelete
  67. mampir nich...
    menarik sekali blog anda dan saya menyukainya..
    salam....

    ReplyDelete
  68. sungguh luar biasa .. seks sebaiknya tidak di kenalkan pada anak

    ReplyDelete
  69. kok bisa ya anak tk liat film gtu?

    ReplyDelete
  70. gimmana negri mw maju yah,,kalo tunas tunasnya kaya gini,,?

    ReplyDelete
  71. informasi yang disajikan agan emang TOP BGT lah.. kena banget ama makna nya. Ane yakin blog ini pasti bakalan jadi media yang memberi inspirasi buat para blogger lainnya. nice dan exellent 4 ur postings

    ReplyDelete
  72. web set yang menyenangkan ,,,, semoga hari mu indah gan

    ReplyDelete
  73. hopefully I'll be able to visit her again to the web,,,,,

    ReplyDelete
  74. web fun,,,, I hope your day beautiful gan

    ReplyDelete

  75. web set yang menyenangkan ,,,, semoga hari mu indah gan

    ReplyDelete
  76. Thnks Gan Atas Infonya ,,, Teruslah Berkarya Yang Tebaik Buat Bangsa Kita ,,,, Republik Indonesia

    ReplyDelete
  77. I hope your day beautiful gan.... Thnks For Your articel

    ReplyDelete
  78. Senang bisa mengunjungi web yang penuh dengan informasi ini ,,,, thnks gan

    ReplyDelete
  79. Senang bisa mengunjungi web yang penuh dengan informasi ini ,,,, thnks gan

    ReplyDelete
  80. Thnks Gan Infonya ,,, Oh Iya Jangan Lupa Bikin Artikelnya yang pOsitif ya gan ,,, yang men insfirasi kita ,,, para pembaca

    ReplyDelete
  81. Thnks Gan Infonya ,,, Oh Iya Jangan Lupa Bikin Artikelnya yang pOsitif ya gan ,,, yang men insfirasi kita ,,, para pembaca

    ReplyDelete
  82. selamat Siang gan ,,,, selam sehat ,,,, Thnks Infonya,

    ReplyDelete
  83. web set yang menyenangkan ,,,, semoga hari mu indah gan

    ReplyDelete
  84. web fun,,,, I hope your day beautiful gan

    ReplyDelete
  85. Thnks gan atas Infonya ,,,, Ditunggu Info Berikutnya

    ReplyDelete

  86. senangnya baca informasi ini, sangat bermanfaat. Ijin share link-nya ke teman-teman biar mereka tahu semua.

    ReplyDelete
  87. artikel yang bagus dan bermanfaat..makasih buat infonya

    ReplyDelete
  88. IJin Nyimak gan ,,,,, bagus articalnya,,,,,

    ReplyDelete
  89. makasi kk infonya menambah wawasan saya

    ReplyDelete
  90. web fun,,,, I hope your day beautiful gan

    ReplyDelete
  91. web fun,,,, I hope your day beautiful gan

    ReplyDelete
  92. Senang Hari ini bisa berkunjung ke web ini ,,, sukses gan

    ReplyDelete
  93. senang hati bisa berkunjung ke sini,,,,, bbikin lebih pariatif lagi dong gan ,,,,,,

    ReplyDelete
  94. thnks gan infonya verry nice!!!!!

    ReplyDelete
  95. Ijin Nyimak gan ,,, kaya keren ni artikelnya

    ReplyDelete
  96. wah Ga asik ni kalau ,,,, ga baca dulu ,,,, ijin y Gan ,,,,, beuh keren ni web nya

    ReplyDelete
  97. ijin nyimak gan ,,,,,,, thnks sebelumnya....

    ReplyDelete
  98. met kerja gan ,,,,, kasih imfluens yang baik buat gan gan yang lain ya

    ReplyDelete
  99. thks Gan artikel nya ..... ajip

    ReplyDelete
  100. ijin nyimak gan ,,,,,,, thnks sebelumnya....

    ReplyDelete
  101. tambah sukses dan sehat selalu gan

    ReplyDelete
  102. ,,,,, kasih imfluens yang baik buat gan gan yang lain ya

    ReplyDelete
  103. tambah sukses dan sehat selalu gan

    ReplyDelete
  104. Thnks Gan Atas Infonya ,,,, nice day gan

    ReplyDelete
  105. Semoga Selalu SUkses dan bermanfaat

    ReplyDelete
  106. Pagi Gan Ikut nimbrung ya,,,,, smangat

    ReplyDelete
  107. Selamat Pagi Kawan ,,,, ijin nyimak kawan

    ReplyDelete
  108. Senang Hari ini bisa berkunjung ke web ini ,,, sukses gan

    ReplyDelete
  109. terimaksih atas informasinya

    ReplyDelete
  110. web set yang menyenangkan ,,,, semoga hari mu indah gan

    ReplyDelete
  111. Menarik sekali..
    Artikel yang Anda berikan sangat bermanfaat,,
    salam semangat.

    ReplyDelete
  112. Sangat bermanfaat, salam semangat melahirkan karya baru

    ReplyDelete
  113. Thnks Gan infonya,,, cukup menarik

    ReplyDelete
  114. Khasiat Jus Kulit Manggis15 July 2013 19:59

    informasinya cukup menarik

    ReplyDelete
  115. xamthone plus murah17 July 2013 00:06

    infornsinya cukup menarik

    ReplyDelete
  116. met malan gan ,,, thanks gan Infonnya.......

    ReplyDelete
  117. khasiat jus kulit manggis19 July 2013 20:57

    informasinya cukup menarik

    ReplyDelete
  118. makasih atas infonya sangat menarik dan artikelnya juga berkualitas

    ReplyDelete