Thursday, 17 September 2009

MACA MERDIKA

“Maca agawe merdika”. Slogan itulah yang akhirnya terlahir dari rumusan judul di atas. Kalau diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia, artinya kurang lebih seperti ini, “Membaca membuat kita merdeka”. Ya, buku membebaskan kita dari belenggu kebodohan dan ketidaktahuan. Membuat kita mendapat siraman ilmu pengetahuan.

Dalam rangka menyambut HUT RI yang ke-64, IRE Yogyakarta bekerjasama dengan pemuda Karang Taruna Dusun Tegal Rejo mengadakan semacam kegiatan perpustakaan tiban untuk merayakan hari jadi Indonesia tersebut.

Kegiatan yang sangat terbuka untuk umum ini bertempat di Dusun Tegal Rejo, Sariharjo, Ngaglik, Sleman, Yogyakarta, tepatnya di Balai Masyarakat milik Dusun Tegal Rejo.

Kegiatan yang dimotori oleh Galie, pustakawan yang sehari-harinya bermarkas di LSM IRE Yogyakarta ini, diorganisir oleh tujuh orang termasuk ketuanya. Dua dari IRE Yogyakarta dan lima pemuda-pemudi aktivis Karang Taruna Dusun Tegal Rejo. Juga didukung oleh satu armada perpustakaan keliling dari LSM Satu Nama.

Kegiatan perpustakaan tiban ini, kegiatan yang bersambung. Yakni berlangsung sebanyak lima kali even, selama 3 minggu, dengan intensitas pertemuan seminggu sekali dan durasi waktu 180 menit, dari pukul 14.00- 17.00 WIB. Kegiatan ini dilaksanakan setiap hari Sabtu pada tanggal 1, 8, 15 Agustus 2009 dan hari Minggu dan Senin pada tanggal 16 dan 17 pada bulan yang sama.

Adapun tujuan dari kegiatan ini adalah mengenalkan dunia buku dan perpustakaan, menanamkan kebiasaan membaca, menumbuhkan kreativitas, dan memperluas wawasan anak-anak usia prasekolah dan sekolah dasar (umur 2-11 tahun) melalui permainan yang bersifat edukatif dan menghinbur, terutama mereka yang tinggal di Dusun Tegal Rejo dan dusun lain di sekitarnya. Karena kenyataannya banyak pengungjung yang berasal dari dusun lain seperti Dusun Poton, Ringin Putin, Gondang Legi dan Tambak Rejo.

Materi kegiatan perpustakaan Maca Merdika, dirancang sedemikian rupa dan beranekaragam untuk menarik perhatian anak-anak. Awalnya Balai Masyarakat yang biasa dipergunakan untuk pertemuan warga disulap dengan meja berjajar yang di atasnya telah bertengger sejumlah buku dengan ilustrasi dan warna yang memanjakan mata anak tentunya dan menyedot rasa keingintahuan mereka untuk mengamati atau bahkan mulai membuka dan membaca isinya. Ada sesi permainan, menyanyi bersama, mendengarkan dongeng, baca buku dan bermain bebas serta diakhiri dengan dengan peminjaman buku di penghujung acara. Ada permainan lingkaran sambil menyanyi, lalu main tepuk tunggal dan tepuk ganda bersama-sama.

Ketika saya selaku MC memberikan instruksi tepuk tunggal maka serentak semua anak yang telah membentuk lingkaran tersebut langsung bertepuk tangan satu kali. Begitupun dengan tepuk ganda, mereka juga bertepuk tangan dua kali. Tepuk tiga, empat dan lima. Dan bagi yang keliru maka diminta menyanyi sambil menari di depan. Saya tidak mengatakan itu hukuman, tapi saya bilang yang tepuk tangannya tidak sesuai instruksi, maka dipersilahkan untuk menyanyi di depan.

Dongeng yang disajikan ada beberapa macam. Sebagai dongeng pembuka acara “Maca Medika” saat hari pertama pada tanggal 1 Agustus, saya menceritakan tentang kisah “Empat sahabat”, yang tak lain adalah 4 buah buku berbeda dalam satu rak. Intinya yang berhubungan dengan perpustakaan. Pesan moral yang terkadung di dalamnya adalah kebersamaan. Bisa dibilang cerita itu adalah sebagai dongeng perkenalan. Dan diakhir cerita ada sesi tanya jawab untuk mengetahui tingkat atau daya ingat anak-anak tentang isi cerita.

Di setiap edisi, kegiatan yang disuguhkan semakin menarik dan tak kalah seru. Ada acara menonton film anak, demonstrasi sains, kunjungan ke perpustakaan Natsuko Sioya (Perpustakaan Carity asal Jepang) dan kegiatan kreativitas.

Film yang dipilih adalah “Laskar Pelangi”, karena bertemakan perjuangan. Film ini diputar di kantor IRE pada tanggal 8 Agustus. Setelah acara menonton film usai anak-anak diberi pertanyaan tentang isi dari film laskar pelangi. Bagi yang bisa menjawab pertanyaan, kami para panitia sudah menyiapkan hadiah yang menarik dan mereka berhak memilih, karena hadiah yang disediakan beranekaragam. Ada hal yang menggelikan pada saat sesi pertanyaan. Ketika saya menanyakan siapa nama 2 orang guru yang mengajar di sekolah SD dalam film tersebut. Sejumlah anak tampak berebut mengacungkan jari. Ketika saya tunjuk untuk mengemukakan jawabannya. Tapi sayangnya mereka hanya bisa menyebutkan nama Bu Muslimah. Mereka tidak ingat pada tokoh yang memerankan Pak Bakrie. Hingga sampai pada jawaban yang lucu. Seorang anak perempuan usia SD. Dia menjawaab Bu Siti dan Bu Intan, yang tak lain adalah guru kelas di sekolahnya sendiri, ha…ha…ha… Bahkan ada yang menjawab secara serampangan. Seorang anak perempuan juga yang juga duduk di bangku SD. Dia menjawab Bu Muslimah dan Bu Narti lantaran dia tidak bisa mengingat nama Pak Bakrie. Dan ketika saya tegaskan bahwa guru yang seorang adalah laki-laki, kembali dia menyebutkan Pak Rahmat, guru di SD-nya he…he…he… Mungkin saja dia lupa atau bisa juga salah tangkap. Dikiranya saya menanyakan nama guru SD yang mengajar di kelasnya.

Demonstrasi sains yang ditampilkan adalah percampuran warna dasar dengan media cat, anak-anak juga dipersilahkan untuk mencoba mempraktekan sendiri. Langkah-langkahnya 3 gelas aqua yang telah diisi air dicampur dengan cat yang berbeda warna pada setiap gelasnya., yaitu merah, kuning dan biru. Lalu setiap warna dicampurkan secara acak, untuk mendapatkan warna lain yang lebih bervariasi. Hasil yang didapatkan antara lain ungu dari warna merah dan hijau; oranye dari warna merah dan kuning; dan hijau dari warna kuning dan biru.

Sedangkan kunjungan ke perpustakaan Natsuko Sioya dimaksudkan untuk lebih mengenalkan dunia perpustakaan pada anak-anak. Disana anak-anak meminjam dan baca buku.

Untuk kegiatan kreativitas anak-anak diajak untuk berkreasi membuat bermacam bentuk dengan play dough, melukis bebas dengan cat di kertas atau yang lebih dikenal dengan finger painting (melukis dengan jari). Ternyata anak-anak tersebut memang kreatif. Terbukti mereka bisa membuat bunga, beraneka bentuk binatang dan sebagainya. Dan hasil karya dari kreativitas finger painting juga tak kalah bagus. Diatas kertas yang telah dilumuri tiga macam cat warna-warni itu tercipta berbagai jenis bentuk gambar hasil imajinasi mereka. Ada yang menggambar atau membuat bentuk rumah, matahari, bintang dan masih banyak lagi. Di setiap kegiatan selalu disisipi dengan dongeng, permainan dan menyanyi. Dan diakhiri dengan sesi pengembalian dan peminjaman buku lagi. Dengan harapan anak-anak juga mengenal tata cara atau prosedur peminjaman-pengembalian buku.

Yang unik dari rangkaian kegiatan tersebut adalah saat menginjak hari terakhir ada kejutan dongeng dari Ann Marie Brightman, seorang antropolog dari Newcastle University, Inggris yang sedang melakukan penelitian di Yogyakarta, sekaligus ikut menyemarakkan Hari Lahir Indonesia.Yang menggembirakan sekaligus memuaskan adalah antusiasme dan semangat anak-anak yang sangat tinggi. Ditambah dengan acara dan kegiatan yang meraih sukses. Hidup Maca Merdika, Hidup Anak Indonesia.

66 comments:

  1. Betul sekali mbak, dengan membaca maka pengetahuan pasti akan lebih luas...mari kita upayakan budaya membaca sejak usia dini

    ReplyDelete
  2. membaca adalah jendela dunia :)

    saluut sm mba yg satu ini.....

    ReplyDelete
  3. dg membaca kita akan semakin pandai. hidup baca!

    ReplyDelete
  4. wah senangnya berbagi dengan anak2....

    ReplyDelete
  5. jgn lupa membaca buku agama yaa pada budak2 itu

    ReplyDelete
  6. Selamat menyambut Hari Raya Aidilfitri....teman maya dari Malaysia

    ReplyDelete
  7. Jika ramadhan adalah universitas
    1 Syawal adalah hari wisuda
    berbahagialah kita semua mahasiswa yang diundang untuk diwisuda dengan yudisium taqwa dengan IPK Summa Cumlaude
    Insya Allah ,... Amin.

    ReplyDelete
  8. salam...singggah,

    ada award untuk awak..sudilah terima..

    ReplyDelete
  9. Minal aidzin wal faidzin ya Mbak.., mohon maaf lahir dan batin.

    Skalian mau ngucapin makasih tlh mendukung saya sehingga Alhamdulillah akhirnya saya bisa memenangkan kontes itu.

    ReplyDelete
  10. hai salam kenal.
    wah mari qta dukung anak Indonesia yg kreatif dan punya wawasan luas. nice blog ^^

    ReplyDelete
  11. salam sobat
    wah meriah sekali ya,,maca merdika,,di balai masyarakat sini,,,bagus mba kegiatannya.

    selamat idhul fitri 1430 H
    minal aidhin walfaidzin
    maaf lahir dan batin

    ReplyDelete
  12. Kunjungan balik..
    Nice post..
    Maaf lahir batin ya..

    ReplyDelete
  13. Haiyaa, ne kegiatan OK bgt sis. Keep moving. Anyway, ad award utk anda. Ambil y d rmh maya q. Slm kreatifitas

    ReplyDelete
  14. saya suka dengan blog anda dan juga anda...saya seperti sekarang ini krn org2 seperti anda...saya berdoa semoga anda selalu di beri kesehatan, umur yg panjang serta rizqi yang barokah,agar bisa terus mengabdi untuk negeri...Amin

    ReplyDelete
  15. Salam kenal kembali,... aku juga sudah follow sejak kemaren.

    ReplyDelete
  16. saya ikut komentar sama seperti mas willyo yang sedang berdo'a dan saya juga ikut mas setiawan yang memberi tahukan aku juga sdh ikut follow...sering berkunjung ke blogku ya bu guru?adik masih butuh saran dan nasehat

    ReplyDelete
  17. Suara takbir menggema dimana-mana, pertanda hari kemenangan telah tiba, atas segala khilaf dan alpha mohon dibukakan pintu maafnya. Buat semua pengunjung blog saya, Met Lebaran 1 Syawal 1430 H, "Minal Aidzin Wal Faidzin"(Bagi yang merayakannya)

    ReplyDelete
  18. wah kegiatan yang seru n asik.. juga bnyak manfaatnya, minal aidzin juga ya mbak.. dari aq..

    ReplyDelete
  19. yaa..anak-anak adalah harta yang tiada tolok banding nilainya.. selamat berkenalah dari saya..

    ReplyDelete
  20. pendidikan buat semua anak Indonesia memang harus lebih diperhatikan. Untung ada guru seperti mba. salam kenal sekalian saya follow blognya.

    ReplyDelete
  21. lam kenal, eh aku mbuat kartun di gallery http://www.artwanted.com/kampiuncap, bisa join ndak? Trims.

    ReplyDelete
  22. Hello Mbak, salam kenal juga yah. Terimakasih atas kunjungan dan komentaranya untuk blog baru saya.
    Karnyanya bagus-bagus! Teruslah berkarya, sehingga semakin banyak yang akan anda wariskan kepada generasi penerus negeri ini.

    ReplyDelete
  23. Akhirnya menemukan...vegetarian juga :D

    Seneng mba baca tulisannya....seneng liat anak-anak baca

    ReplyDelete
  24. Jadwal kegiatan mbak Yulinda ternyata penuh juga ya..?

    ReplyDelete
  25. Hebat banget nih acaranya, saya dukung abis...

    ReplyDelete
  26. selamat ya teruskan perjuanganmu

    ReplyDelete
  27. Siang Mbak, saya mampir lagi ini.. apa kabar, knapa gak update lagi??

    ReplyDelete
  28. Wah mba makasih komennyah yak,sayah baru tahu kalo di dunia ini ada endorfin.....pantesan sayah ceking gara-gara hormon itu kali ya ?

    ReplyDelete
  29. salam hangat selepas idul fitri,,,,,,


    uhm!

    ReplyDelete
  30. assalamualaikum,
    mhn maaf lahir batin mbak,
    pengenalan membaca memang sudah selayaknya sejak dini, apalagi dengan dongeng membuat anak menjadi lebih mudah memahami substansi yang di dengar dan dirasakannya.
    salut mbak atas dedikasinya
    salam

    ReplyDelete
  31. salam..
    http://www.nadiah-nad.blogspot.com

    ReplyDelete
  32. Bagus Nian ini Blog..

    Salam Ta'aruf
    Chan juga anak Sleman-Jogja Loh..
    Tapi tugas di luar kota..

    Semangat Terus!!!

    ReplyDelete
  33. Dropped by here.. followed your blog

    ReplyDelete
  34. Meriah sekali blognya mbak sukses selalu ya mbak saya minta koment dan nasehatnya di posting saya "coretan untuk seorang sahabat". Makasih

    setiyo
    http://setizone.co.cc

    ReplyDelete
  35. untuk dedikasi hebat seperti ini... maka, perkenankan saya memberikan award tuk mba.. silahkan di ambil di tempat saya :)

    terimakasih :)

    ReplyDelete
  36. teruslah mengapai mimpi untuk mewujudkan negara ini menjadi beak lagi... :D

    ReplyDelete
  37. smoga anak Indonesia makin bersaing dan kreatif..
    biar negeri ini makin maju..

    ReplyDelete
  38. jangan lupa kunjungi http://www.cartoon-in.blogspot.com

    ReplyDelete
  39. hoo ternyata bu guru cuaem yaaa
    saya dulu sempet bercita2 jadi guru lohh
    ahh gudlak ya sayang...
    maju terus memajukan pendidikan anak2 indonesia!! :)

    ReplyDelete
  40. halo..haloo... sori baru ke sini... kemaren tu aku dilanda sepi, halah, dilanda malas yg berkelanjutan...

    aku menyapa dulu aja aaah.....

    ahhhhaaaaalloo.............

    ReplyDelete
  41. Wuih...sampai2 orang bule juga ikut berpartisipasi...
    Sesuatu hal yang patut diacungi jempol....
    Hmmm, dunia anak emang gak ada matinya yah...

    ReplyDelete
  42. http://www.amierchan.co.cc/

    mampir malam...

    ReplyDelete
  43. kegiatan yang mulia nih mbak.
    salam sukses selalu.

    ReplyDelete
  44. "Membaca" bahkan menjadi kewajiban utama bagi manusia

    ReplyDelete
  45. Hi. Terima kasih kerana ngikutin saya. Saya suka sekali melihat2 segala apa juga di sekeliling. Gemar sekali membaca pandangan ilmiah dan juga yg lucu. Tp saya ini keterbiasaan berpendidikan Inggeris hg ke lulusan PHD marketing; jd mohon bbyk maaf jika tulisan saya dlm Bahasa Melayu sering sedikit ke bahasa pasar ya! Maaf ya!

    ReplyDelete
  46. Terima kasih buat kawan-lawan semua termasuk: ~PakKaramu~ , Kave Santi, Neng Rara, Ria, Princess 1108, kandi, Lata, Setiyo, Qie, nasrudin ansori, indarto, yudhi puspa tya, ferdivolutions, Zippy, ivan kavalera, Chan, arkasala, Madu Nektar, DDrfauziah, yang telah meluangkan waktu dan energi positif untuk membaca dan berkomentar pada posting kali ini. Semoga amal baik kawan-kawan semua akan memberikan kebaikan pada kita semua dan umat manusia, amien!
    Salam perjuangan buat semua!

    ReplyDelete
  47. wah..pasti seru nih...
    tks dah mampir...
    salam kenal...

    ReplyDelete
  48. Perpus Natsuko sioya itu dimana yah letaknya? pengen ngajak anak2 kesana sayah...

    eniwei, thank's masukannya di postingan "seberapa penetingkah ketampanan" , hihiiii kok malah lebih berbobot komentarmu ya mbak dari isi postingankuh, skl lg thx...

    ReplyDelete
  49. dengan membaca kita bisa menembus batas, jarak dan waktu

    ReplyDelete
  50. Terima kasih telah berkunjung di blog sy yang sederhana, dan sy melihat artikelnya begitu banyak memberikan pemahaman bagi orang yang berkunjung, semoga tambah sukses aja

    ReplyDelete
  51. Buat Mbak dan Mas yang telah melanjutkan komentar sebelumnya sehingga turut meramaikan posting kali ini, yakni: MINE-BLOG, Ayas Tasli Wiguna, Munir Ardi, Boykesn, TRIMATRA,....terima kasih banyak atas kebaikan sampean-sampean yang telah memberi motivasi yang luar biasa kepada saya sehingga membuat saya semakin rajin ngeblog dan blogwalking. Once more, thank you so much!

    ReplyDelete
  52. He..he..he....terima kasih kembali Dik, semoga semakin rajin posting dan anjang-sana ke situs-situs istimewa lain. Dan jangan lupa untuk selalu meninggalkan komentar sebelum beralih ke lembar maya lain. Keep on blogging and blog-walking!

    ReplyDelete
  53. numpang beljara n maaf,meskipun lebaran dah lewat,,,tp hati ini selalu terbuka untuk maaf,,,begitu jg saya mungacpkan beribu-ribu maaf kpd semua teman2 blogger,seandainya ja kata2 yg tertulis membuat hati temen2 gundah sekali lagi mohon maaf yg sebesar2nya.....
    btw mampir ya,,,tp jajannya dah habis,,,tak apa kannnnn....

    ReplyDelete
  54. Salut deh buat kegitan ini dan para penggagas dan aktivisnya.

    ReplyDelete
  55. ajari saya mendongeng dong...
    saya paling gak bisa disuruh mendongeng untuk anak-anak. selalu saja membosankan.
    ajari saya...

    ReplyDelete
  56. Pergulatan sosial yang menarik dan sangat bermanfaat utuk masyarakat umum. Selamat mengembangkan tradisi baca pada lingkungan.

    ReplyDelete
  57. AKHIRNYA, TERIMAKASIH BUAT KAWAN-KAWAN SEMUA YANG TELAH MELUANGKAN WAKTU DAN MENINGGALKAN JEJAK PENTING PADA LAMAN PELANGI ANAK. SEMOGA KITA AKAN TERUS SALING KUNJUNG DAN SALING MEMOTIVASI AGAR SEMAKI RAJIN BLOGWALKING...

    ReplyDelete